Internasional

Siswa MAN IC OKI Wakili Indonesia di International Applied Biology Olympiad 2021

Siswa MAN IC OKI Muhammad Rizqi Aulia wakili Indonesia di babak final International Applied Biology Olympiad (IABO) Tahun 2021.

Siswa MAN IC OKI Muhammad Rizqi Aulia wakili Indonesia di babak final International Applied Biology Olympiad (IABO) Tahun 2021.

Kayuagung (Kemenag) --- Siswa madrasah kembali menjadi wakil Indonesia di kancah internasional. Muhammad Rizqi Aulia, siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) melaju ke babak final International Applied Biology Olympiad (IABO) Tahun 2021.

IABO diselenggarakan oleh Indonesia Scientific Society (ISS). Kompetisi ini dilaksanakan secara online pada 19 Juni 2021 dan diikuti 160 peserta dari 21 negara.

Di babak final, siswa yang akrab disapa Rizqi ini akan bersaing dengan peserta dari sembilan negara lainnya, yaitu: Armenia, India, Khazakhstan, Nepal, Nigeria, Peru, Philippines, Turkey dan UAE.

Rizqi mengatakan, dirinya masuk tahap final setelah membuat Scientific Paper pada semifinal yang berlangsung 23 Juni 2021. “Saya kemarin telah menyelesaikan Scientific Paper di babak semi final dengan Judul Insuline Hormone : The Glucose Controller,” ucap Rizqi di OKI, Selasa (29/6/2021).

Rizqi mengaku tidak menyangka bisa mewakili Indonesia di IABO 2021. Kini dia tengah fokus mempersiapkan diri untuk mengikuti babak final kompetisi tersebut.

Kepala MAN IC OKI H. Kiagus Faisal, bersyukur atas raihan peserta didiknya. “Syukur Alhamdulillah, di tengah pandemi Covid-19 ini, siswa kita dapat memberikan kabar baik mengenai ajang lomba internasional di bidang biologi,” ujar Faisal.

Menurutnya, Rizqi di madrasah dikenal memiliki keunggulan akademik, khususnya bidang biologi.

“Banyak prestasi yang sudah diraih ananda Rizqi, salah satunya kemarin sudah lulus di Kompetisi Sains Nasional (KSN) Tingkat Kabupaten/Kota di bidang Biologi dan melaju ke Tingkat Provinsi,” jelas Faisal.

“Perjuangan belum berakhir, masih banyak latihan untuk nanti ke tingkat Internasional agar dapat memperoleh hasil yang terbaik nantinya,” tutur Rizqi. (Tito)


Editor: Moh Khoeron

Internasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua