Nasional

Sukses Pelaksanaan STQH Nasional XXVI, Gubernur Maluku Utara:  Impian Jadi Nyata 

Gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba

Gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba

Sofifi (Kemenag) --- Seleksi Tilawati Qur’an Hadits (STQH) Tingkat Nasional XXVI telah usai dilaksanakan, di Sofifi, Maluku Utara. Penutupan even yang diikuti 589 peserta dari 34 provinsi ini digelar secara hybrid, dan dipusatkan di halaman Masjid Raya Shaful Khairat, Kota Sofifi, Maluku Utara (Malut), kemarin malam.

Suksesnya pelaksanaan STQH Tingkat Nasional XXVI ini amat disyukuri Gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba. Menurutnya, kesuksesan acara ini merupakan harapan sekaligus mimpi yang menjadi kenyataan bagi seluruh masyarakat Maluku Utara.

"Kami sungguh bekerja keras untuk mewujudkan suksesnya even ini, masyarakat dan pemerintah benar-benar bahu membahu untuk acara yang mulia ini," tutur Abdul Ghani Kasuba saat ditemui usai mendampingi Wamenag Zainut Tauhid Sa’adi dalam penutupan STQH Nasional XXVI, Jumat (22/10/2021).

Diawali dengan ketidakyakinan untuk melaksanakan even seakbar ini, ditempat yang baru di buka, dengan fasilitas yang belum lengkap membuat masyarakat begitu bersyukur bahwa even besar ini dapat berjalan lancar dan sukses hingga penutupan.

Sofifi sebelumnya merupakan desa kecil yang merupakan bagian dari Kota Tidore Kepulauan, yang belum lama dibuka dan menjadi pusat pemerintahan provinsi Maluku Utara.Layaknya tempat yang baru di bangun, Sofifi belum memiliki hotel atau penginapan yang representatif untuk menampung peserta maupun official sebuah even nasional.

Namun, lanjut Abdul Ghani, pemerintah Provinsi Maluku Utara berupaya untuk menjamu para tamu dengan optimal. Maka, ia pun menyiapkan perumahan bagi ASN Provinsi Maluku Utara sebagai tempat pemondokan bagi para kafilah se-Indonesia.

Ia menambahkan, tak hanya soal penginapan, venue-venue STQH pun dikebut untuk diselesaikan. Salah satunya Masjid Raya Shaful Khairat yang menjadi venue utama STQH Nasional XXVI. "7 bulan lalu, halaman parkir yang kita gunakan untuk venue utama ini sangat becek, dengan pondasi masjid yang masih baru dibuat sepertinya hanya mimpilah berharap acara bisa sesukses ini," tambahnya.

Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi dalam sambutannya saat menutup acara, mengatakan perhelatan akbar yang di laksanakan di tempat yang memiliki fasilitas lengkap adalah hal yang biasa, namun jika dilaksanakan dalam segala keterbatasan dan sukses adalah hal yang luar biasa.

"Pemerintah Provinsi Maluku Utara dan jajaran sungguh luar biasa, ini adalah jalan Allah sehingga kerja keras bapak ibu dan masyarakat Sofifi khusunya berbuah manis," tutur Zainut


Editor: Indah
Fotografer: Romadaniel

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua