Nasional

Tiba di Ternate, Menag Yaqut Disambut Tradisi Injak Tanah

Prosesi adat pembasuhan kaki Menag Yaqut Cholil Qoumas setiba di Bandara Sultan Babullah

Prosesi adat pembasuhan kaki Menag Yaqut Cholil Qoumas setiba di Bandara Sultan Babullah

Ternate (Kemenag) --- Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas tiba di Bandara Sultan Babullah, Kelurahan Akehuda, Ternate Utara, Ternate, Sabtu, (16/10/2021), tepat pukul 08.45 WIT. Kedatangan Menag disambut Wakil Gubernur Maluku Utara, Al Yasin Ali beserta jajarannya.

Kedatangan Gus Menteri, demikian ia biasa disapa, disambut dengan tradisi injak tanah atau Joko Kaha dalam bahasa Ternate dan Tidore.

Tradisi Joko Kaha merupakan tanda penghormatan bagi pejabat yang baru pertama kali menginjakkan kakinya di Bumi Moloku Kieraha.

Kehadiran Gus Yaqut di Ternate untuk membuka gelaran Seleksi Tilawatil Qur'an dan Hadits (STQH) Nasional XXVI dan beberapa agenda lainnya.

Dalam tradisi ini, Gus Menteri dikawal dan diiringi oleh tarian adat Tidore menuju kursi berbalut kain putih yang sudah disiapkan. Gus Yaqut dipersilakan duduk, lalu dibasuh kakinya, sebagai tanda penghormatan tamu.

Disamping Gus Yaqut berdiri petugas yang membacakan do'a dengan bahasa Ternate dengan terjemahan sebagai berikut:

Dengan mengagungkan nama Tuhan, Kami seluruh rakyat Maluku Utara mempersembahkan upacara adat 'Joko Kaha' (Injak Tanah) di Bumi Moloku Kie Raha. Puji Syukur ke hadirat Allah, Tuhan seru sekalian alam, atas rahmat dan karunia-Nya, cinta dan kasih sayang-Nya, pada Bapak hari ini.

Bapak Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas beserta rombongan berkesempatan mengunjungi daerah kami, menginjak bumi kami, maka kami rakyat Maluku Utara menyambut dengan hati yang penuh riang dan gembira diliput rasa untung dan bahagia.

Kami panjatkan doa kehadirat-Mu ya Allah, kiranya Kau panjangkan usianya, sehat afiatkan jasadnya, luaskan akal dan tenangkan pikirannya, baik lahir maupun batin, agar dapatlah ia menjalankan pemerintahan dan menegakkan keadilan, mengajak kepada kebaikan dan mencegah kejahatan. Dan berikan dia kemampuan menenangkan negeri ini, menjadi negeri yang aman damai dan makmur dibawah naungan rahmat-Mu, ya Allah.

Semoga kami rakyat Maluku Utara dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai ini, dilimpahi rizki dan rahmat, sehat dan afiat sepanjang masa.

Subhaana Rabika Rabbil 'Izzati 'amma yashifuun, wasalaamun 'alal-mursaliin, walhamdulillaahi Rabbil-'aalamiin.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Rikie Andriyawan

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua