Internasional

Tim MTsN 1 Pati Raih Dua Medali International Youth Robotic Competition

Siswa MTsN 1 Pati raih medali IYRC 2021

Siswa MTsN 1 Pati raih medali IYRC 2021

Pati (Kemenag) --- Dua tim robotik Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Pati meraih medali emas dan perunggu International Youth Robotic Competition (IYRC) 2021. Capaian ini diraih untuk kategori Robot Creation.

IYRC 2021 diselenggarakan oleh International Youth Robot Association (IYRA) Korea, 21-23 Agustus 2021.

"Alhamdulillah, setelah berjuang sedemikian rupa, tim robotik MTsN 1 Pati bisa berkompetisi di ajang international dan memperoleh hasil yang membanggakan," ujar Kepala MTsN 1 Pati Ali Musyafak di Pati, Rabu (1/9/2021).

Sebagai rasa terimakasih atas perjuangan tim dalam mengharumkan nama Indonesia dan madrasah, Syafak secara pribadi memberikan reward kepada perwakilan peraih juara. "Sekali lagi terima kasih kepada anak-anakku dan juga guru pembimbing yang tidak kenal lelah. Para guru, pegawai dan keluarga besar MTsN 1 Pati, terima kasih atas doa dan dukungannya. Semoga hasil ini, mbarokahi bagi kita semua terutama MTsN 1 Pati," tuturnya.

Tim MTsN 1 Pati yang ikut IYRC 2021 terdiri atas Septiandro Surya Dewangga dan Rifqi Haidar Azkiya (peraih medali emas), serta Hafiz Ulumuddin Karim dan Sidqon Difa Hakim Al Karim (peraih medali perunggu). Mereka semua tergabung dalam program unggulan robotik madrasah. Sebelum berkompetisi, kedua tim ini menjalani proses karantina selama 10 hari untuk mengikuti intensive training 18 jam sehari.

"Usaha tidak pernah menghianati hasil. Alhamdulillah, sangat bersyukur perjuangan kami tidak sia-sia. Semoga kedepannya tim kami bisa memberikan yang lebih baik lagi," ucap Muhammad Alie Muzakki, Pembimbing Robotik MTsN 1 Pati.

"Ini adalah keikutsertaan saya yang ke sekian kalinya di ajang kompetisi bidang robotic. Tapi untuk ajang internasional, baru pertama kali. Senang sekali bisa mempersembahkan hasil terbaik kami untuk madrasah tercinta. Terima kasih atas doanya," kata Septiandro.

Para pemenang IYRC 2021 berasal dari 14 negara, yaitu: Russia, Colombia, Algeria, Indonesia, Malaysia, Thailand, India, Brazil, Uzbekistan, Mongolia, Guyana, Mexico, Laos, dan Vietnam. Pemenang diumumkan melalui web resmi iyrc.org pada 31 Agustus 2021.


Editor: Moh Khoeron

Internasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua