Sekjen: ASN Kemenag Wajib Miliki Kualifikasi, Kompetensi, dan Kinerja

Brebes (Kemenag) --- Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nizar menekankan pentingnya kualifikasi, kompetensi, dan kinerja bagi ASN di lingkungan Kemenag. 

Pesan ini disampaikan Sekjen Nizar dalam rangkaian kunjungan kerja dan pembinaan ASN Kemenag Kabupaten Brebes, Provinsi Jawa Tengah. 

"Kinerja dimulai dari kapasitas SDM. Tidak mungkin kinerja bisa berjalan tanpa dinahkodai oleh SDM yang handal. Peningkatan SDM ASN termasuk arahan yang ditekankan Presiden Joko Widodo," kata Nizar dalam pembinaan ASN yang digelar secara luring dan daring dari aula Kankemenag Brebes, Kamis (23/9/2021).

"Artinya, setiap ASN Kemenag itu wajib memiliki kualifikasi, kompetensi, dan kinerja. Kualifikasi yang menunjukkan tingkat pendidikan kini sudah menjadi syarat utama dalam rekruitmen CASN, begitu juga bagi tenaga kependidikan seperti guru dan dosen," sambung Nizar. 

Hadir mendampingi Sekjen, Kakanwil Kemenag Jawa Tengah Mustain Ahmad dan Kakankemenag Brebes Fajarin. 

Gelaran pembinaan ini diikuti puluhan ASN di lingkungan Kemenag Brebes. 

Terkait peningkatan kualifikasi para guru madrasah dan pengelola pesantren, lanjut Nizar, Kemenag sudah menyiapkannya melalui salah satu program prioritas Kemenag, yakni Universitas Islam Siber di IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

"Kini sudah dibuka pendaftaran bagi guru yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang S1 di Universitas Islam Siber IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Mulai dari pendaftaran, belajar, pertemuan dengan dosen hingga wisudanya pun online. Ini sebagai upaya Kemenag untuk memenuhi kualifikasi jenjang pendidikan ASN," tandas Nizar. 

Ke depan, harap Nizar, keberadaan Universitas Islam Siber IAIN Syekh Nurjati Cirebon tidak hanya dapat dirasakan oleh keluarga besar Kemenag, melainkan masyarakat umum seperti TKI di luar negeri.