Nasional

Kemenag Sebut, Haji Efektif Bila Berjalan Sesuai Indikator IKJHI

Faisal, Inspektur Jenderal Kemenag

Faisal, Inspektur Jenderal Kemenag

Jakarta (Kemenag) --- Pelaksanaan penyelenggaraan haji akan efektif apabila berjalan sesuai dengan indikator pada Indeks Kepuasan Jemaah Haji Indonesia (IKJHI), hal ini dikatakan Faisal, Inspektur Jenderal Kementerian Agama RI saat menghadiri Bimbingan Teknis Terintegrasi Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) di Asrama Haji Pondok Gede Rabu (12/04/2023).

Dikatakan Faisal, ada 10 faktor yang menjadi domain kepuasan jemaah haji Indonesia yaitu petugas, ibadah, hotel, katering non armuzna, katering armuzna, transportasi bus antar kota, transportasi shalawat, transportasi Armuzna, tenda dan layanan umum lainnya.

"Tahun lalu, Indeks Kepuasan Jemaah Haji Indonesia berada pada nilai yang cukup tinggi yaitu 90,45 dan ini merupakan indeks kepuasan tertinggi sepanjang survey ini dilakukan," terang Faisal.


"Tahun ini teman-teman bisa membantu mewujudkan tingkat kepuasan jemaah lebih baik dengan memberi pelayanan terbaik bagi tamu Allah," lanjutnya.

Faisal juga menegaskan kepada para petugas bahwasanya setiap petugas wajib mengedepankan profesionalisme dan mengutamakan memberikan layanan kepada jemaah karena layanan juga merupakan ibadah.

"Saya ingatkan bahwa bapak ibu merupakan petugas yang tugas utamanya adalah melayani jemaah, jika nantinya bapak ibu berkesempatan melaksanakan ibadah haji adalah bonus," tegas Faisal.


Editor: Indah

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua