10 Siswa MAN IC Sambas Melaju ke KSN Provinsi

Sambas (Kemenag) --- Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Sambas dipastikan akan kembali mengirim kontingennya untuk berlaga Kompetisi Sains Nasional tingkat Provinsi (KSN-P) Kalimantan Barat. Ada 10 siswa MAN IC Sambas yang akan berlaga di tingkat provinsi setelah sukses berjuang pada KSN tingkat Kabupaten (KSN-K).

KSN, dulunya Olimpiade Sains Nasional (OSN), merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan - Riset dan Teknologi. Terdapat Sembilan mata pelajaran yang dilombakan, yaitu : Kimia, Fisika, Biologi, Matematika, Astronomi, Kebumian, Ekonomi, Informatika, dan Geografi.

Kepala MAN IC Sambas, Mursidin bersyukur dengan apresiasi keberhasilan siswanya mempertahankan tradisi ikut dalam ajang KSN-P Kalimantan Barat. Mursidin minta mereka tidak cepat merasa puas karena masih harus berjuang untuk bisa melaju ke KSN-Nasional (KSN-N).

“Untuk persiapan KSN-P, kami akan diberikan pembekalan labih dini, juga menguatkan spirit mereka agar lebih siap untuk melaju ke tingkat provinsi, bahkan nasional,” tegasnya di Sambas, Jumat (25/6/2021).

KSN 2021 dilakukan secara daring. KSN-K (Kabupaten) berlangsung tiga hari, 2 - 4 Juni 2021. KSN-P (Provinsi) Kalimantan Barat akan dilaksanakan pada 2 - 7 Agustus 2021. Sementara KSN-N (Nasional) dilaksanakan pada 6 - 11 September 2021 mendatang.

Berikut 10 siswa MAN IC Sambas yang akan berlaga pada KSN tingkat Provinsi Kalimantan Barat:
1. Marwah Safira (XI MIPA 3, Bidang Astronomi)
2. Faradiba Evril (XI MIPA 1, Bidang Astronomi)
3. Inaya Khairunnisa (XI MIPA 2, Bidang Kebumian)
4. Rahman Insani (XI MIPA 3, Bidan Matematika)
5. Nisrina Falayati (XI MIPA, Bidang Biologi)

6. Nur Fadilah Atamini (X IPS, Bidang Ekonomi)
7. Nur Istiqomah (X IPS, Bidang Ekonomi)
8. Rakha Bachrul Qalam (XI MIPA 3, Bidang TIK)
9. Muhammad Febrian Jamaluddin (X MIPA 1, Bidang TIK)
10. Yasyfa Nabila (XI MIPA 2, Bidang TIK)