Haji 2022

13 Jemaah Rawat Inap di KKHI Madinah, Ini Lima Penyakit Paling Sering Dialami

Madinah (Kemenag) --- Sebanyak 13 jemaah haji Indonesia yang ada di Madinah dirawat inap di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah. Jumlah itu terdiri atas tujuh jemaah laki-laki dan enam jemaah perempuan.

"Totalnya ada 13 pasien jemaah. Yang di RS Arab Saudi ada tiga jemaah. Tapi sudah keluar atau sudah pulang semua," kata Kepala Tim KKHI Madinah, dr Enny Nuryanti, Minggu (12/6/2022).

Adapun total kunjungan sejak kedatangan jemaah di Madinah sebanyak 55 kunjungan. Namun, seluruhnya mengalami penyakit ringan. Kondisinya tidak parah.

Lebih lanjut dr Enny menyampaikan sejumlah penyakit yang diderita jemaah. "Penyakit terbanyak adalah Cellulitis, Dehidrasi, Diabetes Mellitus, Hipertensi dan luka bakar atau kaki melepuh. Karena cuacanya panas. Dari itu, jemaah diimbau tetap pakai kaus kaki dan sandal jika berada di luar hotel. Banyak minum air putih," katanya.

dr Enny berharap tidak banyak jemaah yang sakit. Bahkan semua jemaah harus sehat tidak ada yang sakit. Harus tetap menjaga kesehatan. "Semoga tidak ada yang sakit. Itu dia dan harapan saya. Lancar dalam menjalankan ibadah haji," katanya.

Diketahui, saat ini cuaca di Madinah, rata-rata mencapai 43-46 derajat celsius. Jemaah diharapkan, tidak berkepentingan atau tidak akan melaksanakan ibadah, disarankan untuk berada di pemondokan atau hotel. Jika harus banyak beraktivitas di luar hotel, tetap membawa air minum. (MCH 2022)