Akreditasi Tujuh Balai Diklat Keagamaan, Kapusdiklat: Jaga Mutu Pelatihan

Ciputat (Kemenag) --- Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan menyelenggarakan akreditasi pada tujuh Balai Diklat Keagamaan (BDK) pada tahun 2022. Ketujuh BDK tersebut adalah BDK Ambon, BDK Denpasar, BDK Manado, BDK Banjarmasin, BDK Palembang, BDK Medan, dan BDK Padang.

Kepala Pusdiklat Teknis, Mastuki menyampaikan bahwa akreditasi ini merupakan amanat dari Peraturan Lembaga Administrasi Negara Nomor 13 Tahun 2020 tentang Akreditasi Pelatihan. Pusdiklat Teknis memiliki mandat untuk melaksanakan akreditasi pada program pelatihan. 

“Di satu sisi, akreditasi ini adalah amanah peraturan, tapi di sisi yang lain, akreditasi ini adalah komitmen Pusdiklat Teknis untuk menjaga mutu dan kualitas pelaksanaan pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan oleh BDK,” terangnya, di Ciputat, Rabu (19/10/2022)

Mastuki menambahkan, untuk mengakreditasi tujuh BDK tersebut, Pusdiklat Teknis menerjunkan para asesor dari Pusdiklat Teknis, BDK Bandung, dan BDK Jakarta yang sudah memiliki sertifikat asesor dari Lembaga Administrasi Negara (LAN). “Semua asesor yang melakukan visitasi akreditasi ini sebelum ke BDK juga sudah dibekali penguatan kompetensi audit dari LAN,” tambahnya. 

Akreditasi sendiri dilaksanakan dengan beberapa tahapan, yaitu: penyiapan dokumen, upload dokumen, penilaian mandiri, visitasi, dan sidang hasil akhir. Visitasi berlangsung dari tanggal 12 hingga 28 Oktober. (beta)