Nasional

Depag Prioritaskan Peningkatan Mutu Pesantren

Ponorogo, Jatim, 11/4 (Pinmas) - Menteri Agama Maftuh Basyuni mengatakan, Departemen Agama pada tahun anggaran 2006 akan memfokuskan pada program peningkatan mutu dan kwalitas pesantren serta pondok pesantren di Indonesia. "Depag akan fokus ke pendidikan. Untuk itu anggaran Depag akan difokuskan untuk meningkatkan kwalitas pesantren dan pondok-pondok pesantren," kata Menag Maftuh Basyuni saat berpidato pada pembukaan peringatan 80 tahun ponpes modern Darusalam Gontor di Gontor, Ponorogo, Jatim, Senin.

Menurut Menag, saat ini 91,2 persen lembaga pendidikan di bawah Depag dikelola oleh swasta dan merupakan pendidikan di pondok-pondok pesantren.Karena itu, tambahnya perbaikan mutu dan kwalitas ponpes akan menjadi bagian penting yang harus segera dilakukan. Sementara itu, tambahnya, ponpes Darusalam Gontor yang telah memiliki sistim dan kwalitas yang baik bisa menjadi contoh bagi ponpes-ponpes lain di Indonesia. Dalam pidato lainnya, Menag mengatakan setelah perbaikan di tubuh internal Depag hampir selesai maka program berikutnya adalah pada perbaikan pendidikan ponpes.

"Menurut saya (depag) sudah bersih. Mungkin masih ada yang tiarap. Kalau masih ada yang berlepotan, kasih tahu saya, isyaalloh akan saya sikat," kata Menag.Menag juga menginginkan agar Departemen Agama jadi departemen yang bisa menjadi contoh dan panutan bagi departemen lainnya.(Ant/Ba)

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua