Nasional

DPR Apresiasi Program Sanitren Kabupaten Tangerang

Foto: Danil

Foto: Danil

Tangerang (Kemenag) - Komisi VIII DPR RI mengapresiasi program Sanitasi Berbasis Pondok Pesantren (Sanitren) Pemerintah Kabupaten Tangerang. "Kami menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Tangerang yang telah memberikan perhatian dan kepedulian kepada pondok pesantren, di antaranya melalui program Sanitasi Berbasis Pesantren. Ini harus jadi contoh dan bisa direplikasi di pesantren di daerah lain," ujar Ketua Komisi VIII Yandri Susanto, Kamis (01/04).

"Kalau pemerintah daerah mau dan sungguh-sungguh memperhatikan pondok pesantren di wilayahnya, ini bisa dilakukan. Ini menunjukkan kehadiran negara di pondok pesantren yang peran dan kontribusinya bagi negara ini sudah jauh dilakukan sebelum kita merdeka," lanjut Yandri.

Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar mengatakan, program Sanitren ini akan menyasar 829 pondok pesantren salafi yang berada di Kabupaten Tangerang. "Tahun 2018 kita mulai membangun 46 Sanitren sebagai pilot project, dan tahun 2019 berjumlah 250 Sanitren. Tahun 2020 dan 2021 sementara ditunda karena anggaran yang ada direfocusing untuk penanganan Covid-19," kata Bupati.

Ia melanjutkan, tujuan program Sanitren untuk membiasakan pola hidup sehat di pondok-pondok pesantren salafi kita. Salah satu unsur kualitas santri-santri kita adalah sektor sanitasi. "Program Sanitren ini jadi percontohan nasional, kita tidak ingin santri lalai bagi kesehatan tubuh dan lingkungan mereka, ini yang ingin kita bangun. Inilah yang kita inginkan untuk mereka para santri, merasakan kehadiran negara di pondok-pondok pesantren salafi tersebut," tandas Bupati.

Tampak hadir, Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Waryono, pejabat di lingkungan Pemda Kabupaten Tangerang dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tangerang.

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua