Eny Yaqut Ajak DWP Kemenag Beri Perhatian Isu Kekerasan Terhadap Anak dan Pernikahan Dini

Jakarta (Kemenag)--- Penasehat Dharma Wanita Persatuan Kementerian Agama Eny Yaqut Cholil mengajak para ibu di Indonesia untuk memberi perhatian lebih pada isu kekerasan terhadap anak dan pernikahan dini.

Hal ini disampaikan Eny Yaqut, panggilan akrabnya, pada peringatan Hari Ibu yang digelar Pengurus Pusat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama RI secara hybrid, Rabu (22/12/2021).

Dikatakan Eny, kasus kekerasan seksual terhadap anak dan perempuan yang belakangan ini marak membuat banyak para wanita dan ibu-ibu di Indonesia menjadi khawatir dan takut.

“Sosok seorang ibu atau perempuan biasanya memiliki kepekaan lebih terhadap masalah-masalah terdekat yang terkadang tidak menjadi perhatian kaum lelaki. Seperti  bagaimana mendidik anak, isu kekerasan terhadap anak, pernikahan dini, dan lain sebagainya,” ujar Eny.

Eny juga mengatakan jika kombinasi peran dan dukungan dari seorang perempuan yang bisa menjadi seorang ibu, istri, teman, maupun mitra kerja. Ini menunjukkan bahwa seorang perempuan berperan besar dalam upaya pembangunan manusia dari level terkecil, yaitu: keluarga, sampai level berbangsa dan bernegara, bahkan menjadi bagian dari masyarakat global.

“Ibu adalah sosok yang dapat membuat nyaman bagi anggota keluarga, sehingga keberadaan ibu, sentuhan ibu dan wejangan ibu adalah hal yang selalu ditunggu dan dirindukan dalam kehangatan keluarga,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Eny mengatakan bahwa indikator kecantikan ada dua, kecantikan dari luar yang terlihat pada paras dan kecantikan dari dalam yang tercermin dalam sikap dan tingkah laku sehari-hari.

“Kadang perempuan lupa akan arti kecantikan yang sesungguhnya. Banyak yang mengejar kecantikan fisik saja, perawatan, memoles wajah namun kadang lupa merawat hati, memoles perilaku yang justru menjadi poin utama kecantikan hati, karena sejatinya kecantikan dari dalam akan menjadi kecantikan abadi setiap wanita,” pungkas Eny

Tampak hadir dalam acara peringatan hari Ibu ini, Penasehat DWP Halimah Zainut Tauhid, Ketua DWP Kemenag Farikhah Nizar Ali, Narasumber peringatan Hari Ibu dr. Lula Kamal dan pengurus DWP Kemenag RI.