Nasional

Fasilitas Makin Lengkap, IAIN Ponorogo Segera Tumbuh Jadi UIN

Kunjungan Menag ke IAIN Ponorogo, Sabtu (18/6/2022)

Kunjungan Menag ke IAIN Ponorogo, Sabtu (18/6/2022)

Kemenag (Ponorogo) --- Kementerian Agama RI menyalurkan pembiayaan Sumber Berharga Syariah Negara (SBSN) Tahun 2022 untuk peningkatan infrastruktur pendidikan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo.

Hal ini memicu IAIN Ponorogo untuk berkembang menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) yang rencananya akan diresmikan pada 2023 mendatang.

"Saya memberikan target kepada seluruh civitas IAIN Ponorogo untuk segera bertransformasi menjadi UIN. Saya tanyakan kepada Ibu Rektor, beliau katakan targetnya tahun 2023 sudah menjadi UIN," ujar Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam kunjungannya ke IAIN Ponorogo, Sabtu (18/6/2022).

Peningkatan mutu sarana dan prasarana IAIN Ponorogo melalui SBSN Kemenag Tahun 2022 memiliki nilai sebesar 36,25 miliar rupiah yang rencananya akan dimanfaatkan untuk penambahan gedung dan perluasan tanah Kampus II IAIN Ponorogo hingga mencapai 15 hektar.

"Saya harap semuanya bekerja dengan baik agar proses transformasi menjadi UIN bisa cepat," ungkap Menag.

Rektor IAIN Ponorogo, Dr. Hj. Evi Muafiah mengatakan bahwa IAIN Ponorogo sudah membuat proposal alih status dari IAIN menjadi UIN. "Untuk namanya nanti menjadi UIN apa, sedang kita fikirkan yang cocok supaya bisa jadi lebih baik lagi," jelas Evi.

"Saya sampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada Bapak Menteri Agama, Gus Yaqut Cholil Qoumas atas supportnya," tutup Evi.

Dalam kunjungannya, Menteri Agama disambut baik dengan peragaan kesenian Reog Ponorogo oleh Mahasiswa IAIN Ponorogo. "Saya lumayan kaget ada mahasiswa IAIN yang jadi Reog. Saya tanya kesurupan apa enggak? Katanya gak ada pake kesurupan, adanya pake yasinan. Ini merupakan bagian dari akulturasi budaya dan moderasi beragama," ungkap Menag sambil tersenyum.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Rikie Andriyawan

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua