Nasional

Gandeng Perusahaan Startup Nasional, IAIN Parepare Kembangkan Career Center dan Tracer Study bagi Alumni

Capture Webinar Kembangkan Career Centre

Capture Webinar Kembangkan Career Centre

Parepare (Kemenag) --- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare membuat terobosan baru dengan mengembangkan Career Center dan Tracer Study bagi alumni. IAIN Parepare menggandeng perusahaan startup nasional, PT. Sevima untuk menyediakan sistem berbasis digital, yaitu aplikasi Karirlink.

Detail kerjasama ini dibahas bersama dalam webinar antara PT. Sevima dengan pimpinan IAIN Parepare pada 27 September 2021. Kedua pihak sepakat untuk menyediakan aplikasi Career Center dan Tracer Study.

“Kami mempercayakan pengembangan sistem dan aplikasi Career Center dan Tracer Study ini kepada PT. Sevima. Perusahaan tersebut kami nilai sangat kualified dalam pengembangan teknologi informasi pada bidang pendidikan. Termasuk sistem dan aplikasi Career Center dan Tracer Study bagi alumni yang mereka tawarkan kepada kita,” kata Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Kemahasiswaan IAIN Parepare, Muhammad Saleh saat dikonfirmasi melalui telpon, Jumat (1/10/2021).

Kesepakatan kerjasama tersebut juga dibenarkan oleh Product Manager PT. Sevima, Valda Orchidea Zahwa. “IAIN Parepare merupakan perguruan tinggi pertama, sekaligus menjadi pilot project dari aplikasi Karirlink yang kami kembangkan” kata Valda. Aplikasi Karirlink akan menjadi Career Center dan Tracer Study sekaligus bagi alumni.

Career Center adalah pusat sistem pendidikan dan pelatihan yang diperuntukkan bagi alumni suatu perguruan tinggi. Adapun Tracer Study adalah studi pelacakan jejak lulusan/alumni yang dilakukan perguruan tinggi kepada alumni setelah lulus. “Aplikasi Karirlink akan menghubungkan antara perguruan tinggi, alumni, dan perusahaan,” jelasnya.

“Harapannya, aplikasi Karirlink ini dapat membantu lulusan mencari pekerjaan, lalu membantu perguruan tinggi dalam mendapatkan feedback dan data lulusan, serta membantu perusahaan dalam mencari kandidat yang kompeten dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan,” kata Valda mengurai manfaat yang diperoleh dari aplikasi Karirlink.

“Selain itu, alumni juga dapat selalu terhubung dengan perguruan tinggi serta dapat terhubung oleh teman seangkatan, kolega, dan alumni dari angkatan lainnya,” paparnya menambahkan.

Aplikasi Karirlink ini, lanjut Valda, dapat diunduh di Playstore. Lulusan atau mahasiswa dapat masuk ke aplikasi tersebut melalui akun siakad cloud, selain itu dapat mengupdate CV seperti update status.

Muh. Jafar selaku Kabag Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni mengaku senang dan bersyukur atas kesepakatan antara PT. Sevima. Dia menilai, sistem dan aplikasi tersebut sangat membantu dalam program pemberdayaan dan membangun relasi berkelanjutan dengan alumni. Menurutnya, melalui aplikasi ini pihak kampus akan membatu alumni dalam mengakses peluang kerja pada masa datang.

“Ini sangat penting. Selain membantu alumni dalam prospek pekerjaan dan karirnya, juga menjadi salah satu indikator akreditasi perguruan tinggi. Sebuah perguruan tinggi akan dinilai berkualitas jika mampu memberdayakan dan membangun relasi secara berkelanjutan dengan alumninya. Melalui sistem dan aplikasi dari Sevima ini, kita dapat mewujudkan semua,” paparnya.

Menurut Jafar, banyak manfaat yang akan diperoleh dari aplikasi Karirlink ini, khususnya bagi alumni untuk memperoleh akses informasi atau pun lowongan pekerjaan. “Kita akan membantu mereka menemukan pekerjaanya dan melalui tracer studi kita membangun jejaring dan sinergisitas antar alumni di mana pun mereka berada dan bekerja,” pungkasnya. (Suherman)


Editor: Moh Khoeron

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua