Kafilah Sumut Capai Target di STQH Nasional 2021

Medan (Kemenag).--- Seleksi Tilawati Qur’an Hadits (STQH) Tingkat Nasional XXVI yang baru usai dilaksanakan, di Sofifi, Maluku Utara membawa berkah dan kebahagian bagi kafilah Sumatera Utara (Sumut). 

Dalam helat akbar dua tahunan itu, kafilah Sumatera Utara berhasil meraih juara 3 setelah Jawa Timur meraih juara 2 dan Provinsi DKI Jakarta sebagai juara 1.

Kebahagiaan kafilah Sumut terlihat saat mereka tiba dan disambut oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi bersama Kakanwil Kemenag Sumut Syahrul Wirda, di Aula Tengku Rizal Nurdin Medan, Sabtu (23/10/2021). 

Kakanwil Kemenagsu Syahrul Wirda, mengapresiasi dan mengaku bangga dengan kesuksesan Kafilah Sumut atas raihan juara 3 nasional.

"Alhamdulillah kita berhasil meraih 3 besar dan ini sesuai target kita sebelum berangkat. Tentu ini keberkahan bagi Sumatera Utara, " kata Kakanwil.

Ia menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak, mulai dari pemerintah Provinsi Sumatera Utara, LPTQ Provinsi Sumatera Utara, para pelatih, peserta, dan seluruh pihak lainnya yang berkontribusi.

"Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang memberi kontribusinya, terutama perjuangan Pak Gubernur yang setiap saat mengikuti perkembangan para peserta. Begitu juga dengan Ketua LPTQ Provinsi Sumut beserta tim, para pelatih, ofisial, dan tentu yang paling utama kepada para peserta," tambahnya.

Kakanwil Kemenagsu berharap tren positif ini terus dijaga dan ditingkatkan terutama persiapan menjelang kompetisi nasional lainnya.

"Tentu raihan ini menjadi motivasi kita agar terus meningkatkan kualitas. Di kompetisi berikutnya, kita harus lebih baik lagi. Kalau komitmen dan upaya kita bersama terus terjaga, maka saya yakin di kompetisi berikutnya kita bisa menjadi yang lebih baik lagi," ungkapnya.

Berikut Kafilah Sumut yang meraih juara di ajang STQH tingkat Nasional XXVI :

I. Terbaik 1 :

1. Cabang Hafalan Al-Qur'an. 10 Juz putra: Muhammad Hamdi

2. Cabang Hafalan Al-Qur'an 30 Juz Putra: Zahran Auzhan

3. Cabang 100 Hadist dengan sanad Putri: Nurjannah Nasution.

4. Cabang 500 Hadist tanpa sanad Putri: Salsabilah Hasibuan

II. Terbaik III :

5. Cabang Tilawah dewasa putri: Sri Rahmadani

6. Cabang Tilawah Anak anak Putri: Zalfah Imratul Muflihah.

III. Juara Harapan I :

1. Cabang Hadits 100 dgn sanad putra: Rizky Ardiansyah Siregar

2. Cabang Hadits 500 tanpa sanad putra: Muhammad Zaid Rusdi

IV. Juara Harapan II :

1. Cabang Hafalan Al-Qur'an 20 juz putra: Ahmad Tanthowi Sofa Siagian

V. Juara Harapan III :

1. Cabang Hafalan Al-Qur'an 1 juz dan tilawah putra: Ahmad Husnan Naim Nst