Kankemenag Banyuwangi Luncurkan Ruang Konsultasi Keluarga 'Pojok Cinta'

Banyuwangi (Kemenag) --- Masyarakat Banyuwangi kini tak perlu risau bila menghadapi berbagai problematika keluarga. Cukup datang ke Kantor Urusan Agama (KUA) di seluruh Kabupaten Banyuwangi dan datang ke Pojok Cinta. 

Di sana, mereka bisa menumpahkan segala keluh kesah serta mencari solusi bersama dengan para konsultan yang telah disiapkan. Kepala Kankemenag Banyuwangi Amak Burhanuddin menjelaskan Pojok Cinta merupakan akronim dari Pojok Cerita Indah Tentang Kita. 

"Program layanan ini sengaja kami luncurkan bertepatan dengan Hari Kemerdekaan ke-77 RI. Pojok Cinta ini tersedia di seluruh Kantor Urusan Agama (KUA) se-Banyuwangi," ungkap Kakankemenag Banyuwangi Amak Burhanuddin, di Banyuwangi, Rabu (17/8/2022).             

Ia menambahkan Pojok Cinta bukan sekadar ruang curhat keharmonisan keluarga saja. Tapi juga mencakup problematika sosial dalam keluarga, termasuk problematika yang dihadapi anak dan remaja.

“Kami sangat menjaga privasi mereka yang datang, tidak akan tertulis atau disebutkan nama orang yang pernah konsultasi, kecuali problem yang disampaikan bukan bersifat rahasia atau umum,” ujar Amak. 

Dia mengatakan, selain datang langsung ke KUA, warga masyarakat juga dapat melakukan konsultasi melalui saluran telepon maupun _WhatsApp_ pada nomor yang sudah ditentukan di masing-masing KUA.

“Dalam Pojok Cinta, kita bekerja sama dengan banyak pihak, misalnya Badan Penasehat Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4), juga Institusi Penerima Wajib Lapor Lembaga Rehabilitasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika Bhayangkara Indonesia atau IPWL LRPPN-BI Banyuwangi,” jelasnya. 

Begitu pula, kata dia, dengan problematika yang lain juga akan diselesaikan dengan lembaga yang berkompeten, misalnya Dinas Sosial, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana, serta Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). 

“Pojok Cinta juga bekerja sama dengan Bengkel Sakinah yang digagas Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK), serta di tingkat Kabupaten juga bermitra dengan Ruang Rindu atau Ruang Pemberdayaan dan Perlindungan Ibu,” katanya. 

Amak menegaskan, orang-orang yang melayani dalam Pojok Cinta merupakan tenaga profesional yang beberapa di antaranya sudah mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Fasilitator Bimbingan Perkawinan yang diselenggarakan Kemenag dalam beberapa angkatan secara nasional.

“Orang-orang yang melayani atau para konsultan yang mendampingi keluarga adalah orang-orang yang memiliki kapasitas mumpuni dan profesional karena beberapa di antaranya sudah mengikuti Bimtek yang digelar Kemenag. Karenanya kami berharap program ini benar-benar membantu warga,” katanya. 

(Rendi)