Haji 2022

Kembali ke Tanah Air, Menag Segera Laporkan Penyelenggaraan Haji ke Presiden

Jeddah (Kemenag) ---  Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang juga Amirul Hajj 1443 H/2022 M hari ini bertolak ke Tanah Air dengan Garuda Indonesia, GA981. 

Kepala Biro Humas Data dan Informas (HDI) Akhmad Fauzin mengatakan, Menag akan melaporkan proses penyelenggaraan ibadah haji kepada Presiden Joko Widodo. 

“Menteri akan segera menyampaikan dan melaporkan seluruh penyelenggaraan kegiatan ibadah haji ini kepada presiden,” kata Fauzin di Al-Tanfeethi Bandara King Abdul Aziz Jeddah, Arab Saudi usai mendampingi keberangkatan Menag, Minggu (17/7/2022)

Fauzin menjelaskan bahwa, kegiatan penyelenggaraan haji tahun 2022 terlaksana dengan baik. Secara umum, jemaah menyatakan kepuasan terhadap penyelenggaraan ibadah haji 1443 H. 

Sebagaimana diketahui, saat ini proses penyelenggaraan ibadah haji memasuki fase pemulangan jemaah haji Indonesia yang diberangkatkan pada gelombang pertama. Sesampai di tanah air, jemaah haji akan menjalani proses pemeriksaan kesehatan. Namun demikian, Fauzin memastikan tidak ada karantina.

“Hanya selama 21 hari dipantau kesehatannya. Jadi saat nanti ditemukan ada orang yang mengalami demam dan penyakit yang menular, itu akan masuk pantauan dokter atau pukesmas setempat,” paparnya.

“Jadi kita pastikan jemaah haji indonesia tidak ada karantina setelah selesainya penyelenggaraan ibadah haji atau saat datang ke Indonesia,” pungkasnya.