Kemenag Bekali GTK MAN Insan Cendekia dengan Moderasi Beragama

Pekalongan (Kemenag) --- Upaya menanamkan nilai-nilai moderasi beragama terus dilakukan secara berjenjang oleh Kementerian Agama. Salah satunya yang dilakukan Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah kepada civitas akademika Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Pekalongan.

Proses insersi nilai moderasi beragama ini dikemas dalam seminar nasional moderasi beragama yang bertajuk “Implementasi Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Islam”. Kegiatan yang diikuti seluruh  guru dan tenaga kependidikan MAN IC Pekalongan ini digelar pada Rabu, 20 April 2022.

Hadir sebagai narasumber, Direktur GTK MadrasahMuhammad Zain, Guru Besar UIN Sunan Ampel, Nur Syam, Kasat Intelkam Polres Pekalongan Kota, dan Ketua Tanfdziyah PCNU Kota Pekalongan, Muhtarom.

Kepala Madrasah, Khoirul Anam, menyampaikan penguatan moderasi beragama merupakan salah satu program prioritas Kementerian Agama. Giat ini bertujuan agar seluruh GTK MAN Insan Cendekia Pekalongan memiliki pemahaman moderat dalam kehidupan sehari-hari, serta terhindar dari konstruksi berfikir ekstrem dan liberal.

Prof. Nur Syam yang juga ikut menggagas program moderasi beragama memaparkan konsep moderasi beragama dan tantangan yang dihadapi. Secara khusus, Nur Syam menekankan kepada tim kurikulum madrasah agar bisa mengintegrasikan moderasi beragama dalam kurikulum madrasah, baik diintegrasikan dengan seluruh mata pelajaran yang ada maupun secara partikular (terpisah).

Hal senada disampaikan Direktur GTK Madrasah Muhammad Zain. Dia menegaskan bahwa program moderasi beragama Kementerian Agama Republik Indonesia bukan titipan barat dan bukan sebagai upaya pendangkalan akidah.