Kemenag Gelar Malam Tasyakuran Hari Amal Bhakti ke-76 

Jakarta (Kemenag) --- Kementerian Agama (Kemenag) menggelar Malam Tasyakuran Hari Amal Bhakti (HAB) ke-76, di Auditorium HM Rasjidi, Jakarta. Sekretaris Jenderal Kemenag Nizar mengungkapkan, kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun ini merupakan bentuk syukur sekaligus refleksi Kemenag. 

“Ini adalah momentum kita untuk berefleksi untuk mempersiapkan langkah selanjutnya. Dalam peringatan Hari Amal Bhakti ke-76 kali ini, telah ditetapkan tema ‘Transformasi Melayani Umat’. Tema ini memberikan kita spirit melayani umat. Hakikat pelayan sesungguhnya adalah melayani, bukan dilayani,” ungkap Sekjen Kemenag Nizar, Senin (4/1/2022). 

Sebagai bentuk pelayan umat, lanjut Nizar, maka rangkaian untuk HAB pada tahun ini banyak bertujuan untuk memberikan kontribusi nyata. Mulai dari donasi ASN untuk korban musibah Gunung Semeru, santunan 300 anak yatim piatu, donor darah Kerjasama DWP dengan PMI, talkshow moderasi beragama dalam perspektif perempuan, hingga kampanye moderasi beragama melalui tokoh pemuda lintas iman dan keagamaan.

“Serangkaian kegiatan ini pun dilanjutkan Malam Tasyakuran yang kita laksanakan malam ini,” tuturnya. 

Malam Tasyakuran HAB Ke-76 Kemenag ini dihadiri Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi serta jajaran pejabat eselon I Kementerian Agama. Tampak hadir juga sebagai undangan, Menteri Agama Periode 2001-2004 KH Said Agil Husin Al Munawwar, Menteri Agama Periode 2014-2019 Lukman Hakim Saifuddin, perwakilan Komisi VIII DPR RI, serta para mitra kerja Kemenag. 

Dalam kegiatan ini juga disampaikan Orasi Moderasi Beragama oleh Alissa Wahid serta pemberian penghargaan bagi sejumlah insan Kemenag berprestasi. Malam Tasyakuran HAB Ke-76 Kementerian Agama juga dihadiri ribuan ASN Kemenag secara daring.