Kemenag Terima Hibah Tanah 4.937 M2 dari Pemkot Serang, Segera Bangun MIN

Serang (Kemenag) --- Kementerian agama menerima hibah tanah seluas 4.937 m2 dari Pemerintah Kota Serang. Hibah diberikan oleh Walikota Serang Syafrudin kepada Kepala Kankemenag Kota Serang Abdul Rojak.

Lahan itu akan digunakan untuk pembangunan madrasah negeri. Serah terima hibah berlangsung di  MAN 2 Kota Serang, Selasa (20/9/2022). Kedua pihak menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD).

Dalam kesempatan itu, dilakukan juga penandatanganan Nota Kesepakatan dan Perjanjian Kerjasama antara Pemerintah Kota Serang dengan Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Moh. Isom untuk pendirian dan pembangunan MIN Kota Serang. Hadir menyaksikan, jajaran pejabat Kanwil, Kankemenag, Pemkot Serang, Ketua Pengadilan Agama Kota Serang dan BPKAD Kota Serang. 

Kakanwil Kemenag Provinsi Banten, Nanang Fatchurrohman mengapresiasi kepedulian Walikota Serang terhadap Pendidikan Islam. Nanang juga menyampaikan terima kasih kepada Kajari, Kapolres Kota Serang, dan Dandim Kota Serang yang turut hadir dan mendukung kerjasama ini. 

Walikota Serang menyampaikan, hibah tanah dan kerjasama ini sejalan dengan keinginan masyarakat. “Saya tidak sanggup membiarkan Kota Serang tidak memiliki MIN sedangkan dekat rumah orang tua saya ada MIN. Apalagi ini merupakan kepentingan bersama untuk mewujudkan akses pendidikan yang lebih baik,” terang Walikota.

Direktur KSKK Isom Yusqi mengapresiasi langkah positif Pemkot Serang. Menurutnya, upaya yang dilakukan Pemkot Serang untuk menjaring kerjasama dengan Kementerian Agama sangat positif. 

“Banten merupakan provinsi yang menjadi wajah Pendidikan Islam Indonesia. Begitu banyak prestasi nasional yang ditorehkan oleh  Provinsi Banten. Kami harap ini dapat terus ditingkatkan dan dipertahankan agar menjadi Madrasah Mandiri Berprestasi,” tuturnya. 

“Pendirian Madrasah Negeri merupakan wujud kehadiran perhatian negara pada pemerataan akses pendidikan masyarakat yang lebih baik,” ungkap mantan Sekretaris Ditjen Pendis.

Kepala Kankemenag Kota Serang bersyukur hibah tanah dan MoU antara Pemkot Serang dan Kemenag bisa terwujud. "Kami dan segenap  jajaran Kankemenag Kota Serang dan masyarakat sangat bahagia karena setelah menunggu 15 tahun akhirnya akan terwujud madrasah ibtidaiyah negeri di Kota Serang. Dan pada tahun ini, alhamdulillah, Kota Serang sebagai juara umum KSM (Kompetisi Sain Madrasah) tingkat provinsi,” tambahnya. 

Acara serah terima hibah dan Penandatanganan MoU ini dihadiri dan disaksikan pejabat dari jajaran Dit. KSKK Madrasah, pejabat di Kanwil, pejabat Pemkot dan Kankemenag Kota Serang, serta puluhan kepala RA, Kepala Madrasah dan tokoh masyarakat dari Kota Serang. (eway dan has)