Komisi VIII DPR Tinjau Asrama Haji Embarkasi Medan

Medan (Kemenag) --- Sejumlah Anggota Komisi VIII DPR melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Kunjungan ini dipimpin Wakil Ketua Komisi VIII DPR sekaligus Ketua Panja Pembahasan BPIH (Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji) Marwan Dasopang  

Kunjungan mitra kerja Kementerian Agama ini untuk meninjau dan melihat keberadaan Asrama Haji Embarkasi Medan, Sumatera Utara. Kedatangan rombongan disambut Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Utara Syahrul Wirda dan jajarannya. 

Rombongan Komisi VIII yang hadir adalah Umar Bashor, Selly Andirany Gantina,  Mohammad Saleh, M. Husni, Abdul Wachid, Rudi Hartono Bangun, Bukhori, dan Iskan Qolba Lubis. 

Marwan Dasopang mengatakan, kunjungan tim Panja untuk meninjau Asrama Haji yang mangkrak dan mencari solusi dari permasalahan yang terjadi. Tidak hanya Asrama Haji Medan, tim Panja juga akan meninjau asrama haji yang rusak akibat gempa di Palu dan Mamuju. 

"Kemudian kami juga melihat Asrama Haji melalui DPR juga telah menyetujui pemberian investasi yang besar. Kami ingin meninjau sejauhmana sudah kebermanfaatannya kepada masyarakat," kata Marwan di Medan, Rabu (26/5/2021).

"Begitu juga hubungannya dengan situasi pandemi Covid-19. Sudah sejauhmana pengelolaannya, apakah runtuh karena tidak ada pemasukan, atau ada hal lain yang dapat menyelamatkan kegiatan operasionalnya,” ungkap Marwan Dasopang.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara  Syahrul Wirda berharap kunjungan kerja Komisi VIII DPR ini dapat menghasilkan kesepakatan yang baik untuk perbaikan kualitas pelayanan Asrama Haji Embarkasi Medan.

Menurut Syahrul, asrama haji perlu melakukan peningkatan kualitas, baik dari segi pelayanan dan kebermanfaatan. 'Kami berharap pertemuan dan diskusi bersama anggota DPR RI ini dapat menghasilkan keputusan yang tepat tentunya bisa menyelamatkan Asrama Haji yang dalam masa pandemi benar-benar mengalami kondisi yang tidak baik,” kata Kakanwil Kemenagsu.

“Kami informasikan, kami terus melakukan pembinaan masyarakat, pelayanan, dan juga kemitraan kepada masyarakat. Hubungan dengan UPT Asrama Haji juga berjalan dengan harmonis. Balitbangpun demikian, kami terus meningkatkan kualitas demi melayani masyarakat,” sambung Kakanwil Kemenagsu.

Dalam pertemuan tersebut, turut hadir Direktur Bina Umroh dan Haji Khusus Kementerian Agama RI  H. Nur Arifin, dan Direktur Pengelolaan Dana Haji Kementerian Agama RI H. Jaja Jaelani. (inmas)