Lantik Tiga Pimpinan PTKN, Menag: Harus Terdepan Selesaikan Masalah Umat

Jakarta (Kemenag) --- Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas melantik tiga pimpinan tinggi Perguruan Tinggi Kegamaan Negeri (PTKN), di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Jumat (31/12/2021) pagi. Menag berpesan kepada para pimpinan PTKN agar selalu dinamis dalam pengembangan ilmu keagamaan. 

Ia meminta PTKN harus selalu terdepan dalam memberikan solusi atas berbagai permasalahan yang dihadapi umat. “PTKN tidak boleh jadi pahlawan kesiangan dalam mengatasi problem-problem keumatan, kebangsaan, dan kemanusiaan,” pesan Menag Yaqut.

Menurutnya, keunggulan sebuah perguruan tinggi dilihat dari kontribusi yang dapat diberikan kepada masyarakat. “Saya ingin mengingatkan rektor sebagai pimpinan penanggung jawab tertinggi bidang akademik dan administratif memiliki peran yang sentral untuk mewarnai kemajuan sebuah perguruan tinggi,”ujar Menag. 

Perguruan tinggi bukan hanya sekedar sebagai lembaga yang menghasilkan sarjana saja. Tapi juga harus menjadi lokomotif perubahan sekaligus pembaharuan di masyrakat. “Saya minta para rektor untuk bisa memberikan perhatian yang tinggi terhadap pengelolaan PTKN yang berkualitas, futuristik, dan visioner,” tegasnya. 

Hadir sebagai saksi pelantikan, Sekretaris Jenderal Kemenag Nizar dan Direktur Jenderal Pendidikan Islam M. Ali Ramdhani. Pelantikan juga dihadiri jajaran eselon I Kementerian Agama. Adapun nama-nama pejabat yang dilantik, sebagai berikut: 

1.    Dr. Radjiman Ismail, M.Pd sebagai Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ternate; 
2.    Dr. H. Zulkarnain, M.Pd sebagai Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Fatmawati Bengkulu; dan 
3.    Dr. Fredrik Warwer, M.Th sebagai Ketua Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan Negeri Sentani.