MAN 1 Pekanbaru Juara Umum Olimpiade Fisika XVI se-Sumatera

Riau (Kemenag) --- Tim Olimpiade Fisika Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pekanbaru, Riau berhasil menyabet Juara Umum Olimpiade Fisika XVI se-Sumatera. Ajang ini digelar pada 21 Februari - 4 Maret 2022. 

Olimpiade Fisika XVI se Sumatera 2022 diinisiasi oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau (HIMA PEFSI FKIP UR).

Olimpiade ini diikuti 887 peserta dari 56 sekolah se-Sumatera, dengan tema "Melalui Kompetisi Junjung Sportivitas dan Raih Prestasi, untuk Menciptakan Fisikawan Muda yang Inovatif, Kreatif dan Berkarakter Positif, dalam menghadapi Society 5.0."

Cabang olimpiade yang dilombakan yakni Tes Tertulis (TT) untuk tingkat SD/SMP/SMA bidang Mekanika, Geosains, dan Astronomi, Kuis Sains Fisika (KSF), Video, Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) untuk SMP/SMA/Mahasiswa dan Lomba Essay.Siswa MAN 1 Pekanbaru berhasil meraih juara di 3 cabang olimpade sekaligus, yakni: 
Juara 1 Kusi Sains Fisikan (M.Barid Mahri, Azlan affandi dan Zaki Iftihal), Juara 2 Olimpiade Tertulis Mekanika (Muhammad Barid Mahri ), serta Juara 2 LKTI ( Quinadiene Nasywa Azzura
Discha Evoni Putri dan Orvin Razaqidiwa).

Raihan prestasi siswa MAN 1 Pekanbaru mendapat apresiasi dari Kakanwil Kemenag Riau Mahyudin. “Selamat dan sukses buat ananda siswa MAN 1 Pekanbaru atas torehan prestasi yang luar biasa dan telah mengangkat nama baik madrasah di tingkat regional dan nasional,” kata Mahyudin di Pekanbaru, Rabu (9/3/2022).

Menurut Mahyudin, prestasi yang diperoleh siswa MAN 1 Pekanbaru tentu tidak datang dengan tiba-tiba, melainkan melalui proses dan bimbingan yang terstruktur serta kerja sama yang kompak antara siswa, guru dan orang tua siswa. 

"Untuk itu, kerja sama dan semangat harus terus dipupuk sebagai cambuk untuk meraih prestasi yang lebih banyak lagi," harap Mahyudinn.

Kepala MAN 1 Pekanbaru Norerlinda mengaku bangga dengan prestasi juara umum yang diraih anak didiknya. Ia berharap prestasi ini dapat menjadi lecutan semangat untuk terus menorehkan prestasi di ajang yang lebih bergensi baik nasional dan internasional. 

"Terima kasih kepada bapak dan ibu guru pembina yang telah bekerja keras dalam mendidik dan mendampingi anak-anak kita sehingga berhasil meraih prestasi gemilang,” ujar Norerlinda.

Ia menambahkan, prestasi siswa merupakan dambaan setiap pendidik di MAN 1 Pekanbaru yang terus berupaya mengasah dan mengembangkan potensi siswa sehingga mampu mencetak berbagai prestasi di bidang sains maupun keagamaan. (Mus)