MAN 2 Kota Malang Juara I Mobile Robotic MRC 2022, Ini Kuncinya

Yogyakarta (Kemenag) --- Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Malang meraih juara I pada Madrasah Robotic Competition (MRC) tahun 2022. Bergabung dalam Tim A, MAN 2 Kota Malang menjadi yang terbaik untuk Kategori Mobile Robot.

MRC 2022 berlangsung di GOR Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), 22 – 23 November 2022. Babak final lomba robot ini diikuti sekitar 180 tim robotik untuk jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah. Ada dua kategori yang dilombakan, yaitu: Robot Inovasi dan Mobile Robot. 

“Alhamdulillah, satu lagi prestasi MAN 2 Kota Malang. Hari ini meraih juara I kategori Mobil Robot pada Kompetisi Robotik Madrasah tahun 2022,” terang Kepala MAN 2 Kota Malang M Husnan yang ikut mendampingi siswanya di Yogyakarta, usai pengumuman pemenang, Rabu (23/11/2022) malam.

Selama ini, MAN 2 Kota Malang menjadi madrasah yang sarat prestasi. Kepada Humas, Husnan, panggilan akrabnya, berbagi rahasia melahirkan para siswa juara. “Juara menghasilkan juara, karena pelatih tim Mobile Robot adalah mantan juara tahun lalu,” ujar Husnan.

Selain itu, peran serta orang tua dalam memberikan dukungan juga sangat penting. Dukungan itu diberikan baik secara moril maupun materil. “Madrasah hanya memfasilitasi terlaksananya kegiatan, mulai persiapan sampai lomba,” jelasnya.

Kunci keberhasilan yang tidak kalah pentingnya, kata Husnan, adalah minat atau passion. “Anak-anak peserta lomba memang punya passion yang sangat baik dalam bidang Robotik sehingga memiliki mental pantang menyerah,” tegasnya.

“Terakhir, pembina dan tim ekskul nya juga sangat solid,” sambungnya.

Wakil Kepala MAN 2 Kota Malang bidang Kehumasan Ahmad Thohir Yoga menambahkan, prestasi tahun ini mengulang capaian pada tahun 2021. MAN 2 Kota Malang berhasil mempertahankan prestasinya sebagai juara I.

“Pencapaian juara dalam dua  tahun berturut-turut tentu sangat layak disyukuri. Alhamdulillah tahun ini dapat bonus tambahan satu tim lagi yang meraih juara harapan 1,” sebutnya.

“Pencapaian ini menjadi bukti bahwa komunikasi dan kolaborasi yang baik antara orang tua, siswa, dan madrasah bisa menghasilkan prestasi yang luar biasa,” tandasnya.