Nasional

Menag Ajak Umat Katolik dan Uskup Terus Jaga Ketenangan dan Kedamaian Bangsa

Menag Yaqut foto bersama dengan Dubes Vatikan dan para Uskup se Indonesia

Menag Yaqut foto bersama dengan Dubes Vatikan dan para Uskup se Indonesia

Ambon (Kemenag) --- Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengajak umat Katolik dan para Uskup se-Indonesia untuk terus menjaga ketenangan dan kedamaian bangsa. Menurutnya, Indonesia merupakan bangsa yang besar dan beragam, baik secara adat dan atau agama.

"Tahun 2019, Saya bertemu Paus di Vatikan. Beliau sangat hamble, tokoh agama yang lembut dan jernih hatinya," kata Menag Yaqut saat bertemu dengan para Uskup se Indonesia di Kota Ambon, Maluku, Sabtu (23/4/2022). Pertemuan ini menjadi rangkaian dari acara Pentahbisan Uskup Diosis Amboina yang akan berlangsung nanti malam.

"Kita semua harus terus berusaha menciptakan ketenangan dan kedamaian. Ini harus terus dilakukan karena Indonesia sangat beragam," tambah Menag Yaqut.

Menag Yaqut menyampaikan bahwa setiap orang harus dapat memberikan penghargaan dan penghormatan terhadap mereka yang memiliki keyakinan berbeda. "Atas nama pemerintah, saya minta kerjasama yang baik di kalangan umat katolik. Saya senang hari ini bertemu dengan para Uskup," kata Menag.

Menag berharap, momen pertemuan para uskup se-Indonesia ini bisa menjadi daya ungkit bagi perdamaian Indonesia di masa mendatang. "Selamat Paskah bagi seluruh umat Katolik. Momentum Paskah tentu menjadi momentum sangat baik, agar kita berusaha kembali mendorong sikap yang semakin toleran antar umat beragama," papar Menag Yaqut.

Dijelakan Menag, Kementerian Agama mencanangkan tahun 2022 sebagi tahun toleransi. Menurutnya, toleransi hal yang niscaya di tengah keragaman bangsa. "Perbedaan kita adalah takdir, dan menjadi kekuatan untuk bisa melangkah bersama-sama menjaga Indonesia," tutup Menag Yaqut.

Tampak hadir, Dubes Vatikan untuk Indonesia Mgr. Piero Pioppo dan para Uskup se Indonesia. Hadir juga, Plt Dirjen Bimas Katolik, Albertus Magnus Adiyarto Sumardjono, para staf khusus dsn staf ahli Menteri Agama.

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua