MTsN 1 Pati dan UIN Walisongo MoU Peningkatan Kualitas Pendidikan

Semarang (Kemenag) --- MTsN 1 Pati menjalin nota kesepahaman (MoU) dengan Fakultas Sains dan Teknologi (FST) dan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang. Penandatanganan MoU dilakukan oleh Kepala MTsN 1 Pati, Ali Musyafak, dengan Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, Ismail, di gedung Fakultas Sains dan Teknologi, Rabu (12/1/2022).

Para pihak sepakat untuk bekerja sama dalam peningkatan kualitas pendidikan serta pengembangan ilmu pengetahun dan teknologi (Iptek) di madrasah, khususnya di MTsN 1 Pati. Hadir, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Ketua Program Studi Pendidikan Fisika, Sekretaris Program Studi Pendidikan Fisika, dan Ketua Program Studi Kimia. 

Ismail mengatakan, pihaknya terbuka untuk menjalin kerja sama dengan MTsN 1 Pati. MoU yang sudah ditandatangani akan dikembangkan menjadi rencana kerja sama yang lebih detail.  

Menurut Ismail, pihaknya memiliki tanggung jawab untuk mencapai salah satu misi Fakultas Sains dan Teknologi, yaitu Implementasi unity of sciences (integrasi atau interkoneksi keilmuan). “Yang ada di kami ada sembilan prodi, bisa diintregasikan atau diinterkoneksikan dengan ilmu keislaman. Hakikatnya adalah ilmu itu satu, yaitu minallah, tidak terkecuali yang ada di Fakultas Sains dan Teknologi ini, temasuk ketika siswa MTs belajar tentang ilmu Fisika, Kimia, IPA, atau sains tentu kita arahkan memiliki ciri integrasi dengan keislaman,” jelasnya.

“Mudah-mudahan keterlibatan Fakultas Sains dan Teknologi dalam proses kolaborasi ini nanti betul-betul optimal, berjalan lancar, sukses, dan dalam keberkahan serta rida Allah Swt.,” harapnya.

Kepala MTsN 1 Pati, Ali Musyafak, menyambut baik peluang kerja sama dengan UIN Walisongo Semarang. MoU ini membuka peluang bagi guru-guru MTsN 1 Pati untuk bisa menambah ilmu dan wawasannya di UIN Walisongo. Para dosen bisa memberikan pendampingan kepada guru-guru MTsN 1 Pati. Sebaliknya, UIN juga dapat mengirimkan mahasiswa terbaiknya untuk melakukan magang (pendampingan dan pembimbingan) proses belajar, khususnya bagi anak-anak yang tinggal di asrama.

“Terima kasih kepada UIN Walisongo Semarang yang telah memberi peluang kepada MTsN 1 Pati untuk ngalap barokah di dua fakultas sekaligus,” ujarnya. 

Ali Musyafak berharap MoU ini bisa segera ditindaklanjuti dalam bentuk perjanjian kerja sama kedua belah pihak. Selain dengan UIN Walisongo, MTsN 1 Pati juga sudah menjalin kerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi, antara lain: Unnes semarang, Universitas Muhammadiyah Kudus, Universitas Islam NU Jepara, dan Ifmapa Pati.

“Kami berharap, sinergi ini dapat mewujudkan visi misi MTsN 1 Pati yang unggul mendunia dan akhirnya menjadi madrasah yang barokah, manfaat, dan istiqomah,” pungkas Syafak.