Peduli Lingkungan, KUA Ciawigebang Tanam 343 Pohon di Kabupaten Kuningan

Kuningan(Kemenag) --- KUA Ciawigebang, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat berhasil menanam 343 pohon sejak April 2021 hingga pertengahan Februari 2022. Kepala KUA Ciawigebang Imam Mutawakkil mengungkapkan, pohon-pohon yang ditanam ini merupakan sumbangan calon pengantin dalam program Pengantin Peduli Lingkungan (Pepeling).  

Pepeling, menurut Imam diluncurkan pada April 2021. Hingga November 2021 terkumpul 254 pohon. Saat itu, 254 pohon yang terkumpul, kemudian ditanam di Desa Sukaraja, Kecamatan Ciawigebang. Program Pepeling pun terus dilanjutkan. 

"Kemudian, sejak November 2021 hingga pertengahan Februari 2022 terkumpul  89 pohon. Pohon ini yang hari ini kita tanam di Blok Patapan, Desa Sukadana, Kecamatan Ciawigebang," tutur Imam, di Kuningan, Selasa (15/2/22). 

Imam menjelaskan, Pepeling merupakan dukungan terhadap Gerakan Tanam Pelihara Pohon (GTPP) Pemprov Jabar. Di Kabupaten Kuningan. "Program ini disinergikan dengan Kemenag Kabupaten melalui KUA," tuturnya. 

"Kami sangat mengapresiasi para Catin yang sukarela memberikan pohon untuk menyukseskan program ini. Semoga pohon yang diberikan menjadi amal saleh dan pahalanya terus bertumbuh," harap Imam. 

Saat melakukan penanaman pohon, Imam didampingi Penyuluh Agama Islam KUA Ciawigebang, Ayub Ahmad FA dan Penyuluh Kehutanan Kecamatan Ciawigebang Cabang Dinas Kehutanan Wilayah Kuningan, Supandi. 

"Semoga pohon yang ditanam menjadi bukti kepedulian kita terhadap kelestarian lingkungan. Semoga bumi Indonesia makin hijau, subur, dan diberkahi," pungkas Imam.

Selanjutnya, program ini menargetkan penanaman 50 juta pohon baru. Di KUA Ciawigebang, Catin memberikan berbagai jenis pohon, seperti mangga, nangka, jeruk, lengkeng, dan lainnya. 


(Pirman)