Pemda Siap Bantu Percepatan Pengembangan Universitas Hindu Negeri Denpasar

Bangli (Kemenag) --- Pemerintah Provinsi Bali dan Pemda Bangli berkomitmen untuk membantu percepatan pengembangan sarana prasarana Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus (UHN IGB) Sugriwa Denpasar, terutama kampus yang ada di Kabupaten Bangli.

Komitmen ini ditegaskan Gubernur Provinsi Bali, Wayan Koster, dan Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta pada perayaan Dies Natalis ke-1 UHN IGB Sugriwa di kampus Bangli.

"Ini masterplannya harus ditata. Buatkan yang bagus. Kami akan membantu pengembangan sarana dan prasarana kampus," kata Wayan Koster, Selasa (25/5/2021).

"Saya tadi mendengar sambutan Bapak Rektor, UHN IGB Sugriwa saat ini memeiliki guru besar 12 orang, doktor 62 orang. Ini agar terus ditambah. Tentunya harus berkualitas," tambahnya.

Menurut Wayan Koster, dukungan pengembangan UHN perlu dilakukan dan tidak hanya menjadi tanggung jawab kampus. "Saya akan membantu penuh. Karena yang berkepentingan tidak hanya Bapak Rektor, tapi Bali berkepentingan terhadap pengembangan UHN IGB Sugriwa. Jadi harus betul-betul didukung secara nyata," tegasnya.

Bahkan, Wayan Koster mengaku pihaknya sudah berencana membantu pembangunan asrama mahasiswa dan memfasilitasi para dosen dan pegawai dengan kendaraan khusus dari kampus di jalan Ratna, Denpasar menuju ke kampus Bangli. Bagi Wayan Koster, pengembangan kampus UHN IGB Suguriwa di Bali sangat prospektif dan tepat.

"Saya teringat ketika kuliah di Institut Teknologi Bandung, udaranya dingin. Suasana alamnya mendukung. Bangli ini udaranya dingin. Jadi cocok dijadikan tempat pendidikan dan olah raga," kenang Wayan Koster.

Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta menilai keberadaan UHN IGB Sugriwa di Bangli sangat strategis dalam meningkatkan indeks pembangunan manusia Kabupaten Bangli sebagai salah satu indikator keberhasilan pembangunan daerah. Kehadiran kampus UHN IGB Sugriwa di Bangli diharapkan menjadi generator pembangunan SDM, melestarikan nilai-nilai agama, seni, adat, dan budaya.

"Terkait aset permohonan kampus Bangli, sejak awal kami sudah menyetujui dan siap memfasilitasi perluasan kampus ini. Termasuk permintaan Bapak Gubernur untuk mencari lahan baru di sekitar kampus," kata Nyoman Sedana Arta.

Rektor UHN IGB Sugriwa, I Gusti Ngurah Sudiana menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu pengembangan kampus UHN IGB Sugriwa. "Dies natalis pertama ini adalah kelanjutan perjalanan panjang perguruan tinggi Hindu negeri yang ada di Bali maupun di Indonesia," kata I Gusti Ngurah Sudiana.

"Khusus kepada Gubernur, kami ucapkan terima kasih atas komitmennya pada dunia pendidikan. Demikian pula Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta yang mendukung perluasan lahan bagi kampus ini," tambah I Gusti Ngurah Sudiana.

Karena di tengah masa Pandemi Covid-19, gelaran HUT UHN IGB Sugriwa ini berjalan sederhana dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Tampak hadir Staf khusus Presiden RI, AAGN Ari Dwipayana dan jajaran pejabat civitas akademika UHN IGB Sugriwa.

Selamat Dies Natalis pertama untuk UHN IGB Sugriwa, Denpasar.