Pusdiklat Teknis Raih ISO 9001:2015, Bukti Kemenag Serius Jaga Mutu Pelatihan

Yogyakarta (Kemenag) --- Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Balitbang Diklat Kementerian Agama (Pusdiklat Teknis Kemenag) meraih sertifikat ISO 9001:2015. Capaian ini menunjukkan keseriusan Kemenag untuk menjaga  mutu pelatihan. 

Demikian disampaikan Kepala Pusdiklat Tenaga Teknis, Imam Safe'i saat menerima sertifikat ISO 9001 : 2015 tentang Sistem Manajemen Mutu dari Sucofindo, di Yogyakarta. "Mutu ini adalah komitmen kita semua dalam melayani masyarakat melalui pelatihan-pelatihan yang kita laksanakan. Dan sertifikat ISO yang kita peroleh hari ini menjadi bagian dari bukti keseriusan kita menjaga mutu itu," tutur Imam, Selasa (25/1/2022). 

Imam mengucapkan terima kasih kepada semua yang berkomitmen dalam menjaga mutu pelatihan, mulai dari perencanaan, proses pelatihan, hingga evaluasinya. "Ini bukan komitmen dan prestasi seorang, tapi komitmen dan prestasi bersama, karena mutu adalah tanggung jawab bersama," kata Imam. 

"Ibarat sebuah pesawat yang bisa mengudara ke seluruh penjara dunia, dia tidak akan bisa terbang jika tidak didorong terlebih dahulu oleh mobil kecil sebelum take of. Jadi semuanya berperan dan sangat penting,"imbuhnya. 

Sertifikat ISO 9001 : 2015 ini diperoleh Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan setelah melewati serangkaian audit, yaitu identifikasi isu internal dan eksternal, kebutuhan dan keingan melakukan perubahan, audit internal dan eksternal, identifikasi resiko, dan terbentuknya budaya mutu. 

Sementara itu, Kepala Strategic Business Unit Sertifikasi dan Ecoframework (SBU Serco) PT Sucofindo, Budi Subagio menyampaikan selamat atas sertifikat ISO 9001:2015 yang diperoleh Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan. Menurutnya, ini menunjukkan adanya harapan dari Pusdiklat untuk memberikan layanan bermutu kepada masyarakat. 

"Organisasi atau lembaga yang telah memperoleh ISO 9001:2015 tentang Sistem Manajemen Mutu ini pada dasarnya merupakan komitmen organisasi/lembaga untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggannya, yaitu masyarakat," tuturnya. [beta]