Revitalisasi, Kemenag Siapkan KUA Model di 34 Provinsi 

Jakarta (Kemenag) --- Kementerian Agama (Kemenag) saat ini sedang menyiapkan 34 Kantor Urusan Agama (KUA) yang akan dijadikan model dalam penerapan Revitalisasi KUA. "Target kita mewujudkan model yang bisa dipajang dan menjadi contoh serta benchmark sekaligus etalase Revitalisasi KUA di 34 provinsi," ungkap Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah Ditjen Bimas Islam Kemenag M. Adib, di Jakarta, Senin (13/6/2022). 

Gus Adib, begitu ia biasa disapa, menjelaskan bahwa  langkah penyiapan KUA Model di 34 Provinsi ini merupakan upaya Kemenag untuk menyukseskan Revitalisasi KUA yang menjadi program prioritas Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. 

"Minimal, ada satu KUA Model pada tiap provinsi yang menjadi rujukan bagi KUA lainnya di provinsi tersebut," tambahnya. 

Gus Adib menambahkan, KUA model harus sesuai dengan standar Revitalisasi KUA meliputi sarana prasarana seperti fasilitas untuk disabilitas, front office, ruang konsultasi, dan balai nikah. KUA model juga memiliki standar layanan publik berupa transformasi digital dan sumber daya manusia yang telah mengikuti capacity building.

"Kita sedang menyiapkan tim supervisi untuk melakukan pemodelan hingga KUA model ini benar-benar terbentuk di tiap provinsi," pungkas Gus Adib dalam acara Evaluasi Revitalisasi KUA ini. 

Program Revitalisasi KUA telah dimulai sejak 2021. Tercatat telah ada 106 KUA yang direvitalisasi saat itu. Tahun ini, Kemenag menargetkan akan merevitalisasi 1.000 KUA. Ini dimulai dengan proses revitalisasi 400 KUA pada semester pertama 2022. (Pirman)