SBT Akan Bangun Madrasah Bertaraf Internasional

Ambon, 24/4 (Pinmas)--Departemen Agama (Depag)menyetujui pembangunan madrasah bertaraf Internasional di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) tahun 2009 mendatang, karena fasilitas di sana cukup banyak dan mendapat dukungan Pemkab setempat dengan dihibahkannya tanah seluas 15 hektar. Kakanwil Depag Maluku, Muhammad Pelupessy, di Ambon, Rabu, membenarkan, rencana pembangunan madrasah bertaraf Internasional di SBT yang realisasinya mendapat dukungan dana dari pemerintah Jepang.

"Saya bersama Karo Umum Depag saat menemui Direktur Madrasah Depag dan menyampaikan usul fasilitas, sekaligus menunjukkan bukti hibah tanah ditandatangani Bupati SBT, Abdullah Vanath, maka langsung diputuskan untuk membangunnya di Kabupaten yang dimekarkan dari Maluku Tengah, 7 Januaru 2004 lalu," ia menjelaskan.

Karena itu, Depag akan mengirimkan tim ke SBT, awal Mei mendatang, guna melihat lokasi pembangunan madrasah tersebut sebelum menandatangani nota kesepahaman (MoU)) dengan pemerintah Jepang. Madrasah tersebut diprogramkan memiliki ruang belajar, ruang guru, asrama guru maupun siswa dan fasilitas penunjang lainnya. Khusus untuk tenaga pengajar, kata Muhammad, akan direkrut guru dengan kualifikasi maupun kompetensi yang berkualitas mengajar untuk kurikulum standar Internasional.

Pihaknya menginginkan kualitas siswa lulusan madrasah bertaraf Internasional itu unggul dibandingkan sekolah negeri yang sudah ada di Maluku. Depag memprogramkan madrasah bertaraf Internasional dapat dibangun pada sembilan provinsi lainnya di tanah air, seperti yang sudah ada di Serpong, Jawa Barat dan Gorontalo. (ant/ts)