Sebanyak 900 Orang Ikut Mudik Sehat Kemenag

Jakarta (Kemenag) --- Kementerian Agama (Kemenag) bekerja sama dengan ormas Islam menggelar program "Mudik Sehat Kemenag". Tercatat sebanyak 900 orang pemudik mengikuti program ini. Para pemudik diberangkatkan dari Kantor Kementerian Agama, Jalan Lapangan Banteng Barat No. 3-4, Jakarta. 

"Hari ini kita berada di sini dalam rangka pelepasan Mudik Sehat Kementerian Agama bersama Ormas Keagamaan Tahun 2022," terang Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi saat membacakan sambutan  Menteri Agama Yaqut Cholil, Senin (25/4/2022). 

Wakil Menag mengatakan, Mudik Sehat Kemenag merupakan ikhtiar pemerintah memfasilitasi masyarakat bisa mudik dengan aman dan sehat.  "Ini adalah sebuah langkah nyata dalam mensukseskan program mudik yang aman dan sehat bagi masyarakat," imbuhnya. 

Dalam pelaksanaan mudik sehat kali ini, Kemenag menggandeng Muhammadiyah  dan Nahdlatul Ulama (NU) yang merekrut anggotanya untuk menjadi peserta mudik.
"Masing-masing ormas mendapat kuota 450. Hingga total peserta Mudik Sehat Kemenag berjumlah 900  pemudik dengan 10 bus untuk masing-masing ormas," ungkap Wamenag. 

Ia menyampaikan, selama dua tahun, masyarakat tidak diperkenankan untuk mudik akibat pandemi covid-19. "Alhamdulillah saat ini seiring dengan pelonggaran PPKM, masyarakat diperkenankan untuk mudik. Tapi perlu diingat, harus mudik sehat. Salah satu syaratnya, sudah vaksin booster," pesan Wamenag. 

Demi mensukseskan program mudik sehat ini, sebelumnya Kemenag juga telah melakukan rangkaian program vaksinasi bekerja sama dengan ormas keagamaan. Salah satunya adalah program 1 juta vaksin booster bersama Pengurus Besar Nahdlatul Ulama. 

"Program tersebut merupakan bentuk komitmen kita dalam mendukung upaya pemerintah mencapai herd immunity dan mensukseskan mudik sehat dan aman," papar Wamenag. 

Vaksinasi booster dan mudik sehat, lanjut Wamenag, adalah satu kesatuan untuk memastikan bahwa masyarakat yang hendak mudik dalam keadaan sehat, sehingga saat di kampung halaman dapat melakukan kegiatan sosial secara aman dan nyaman. 

Ia berharap peserta Mudik Sehat Kemenag menjadi duta kampanye mudik sehat. "Bantu kami untuk menyampaikan kepada sahabat-sahabat lainnya bahwa kalau mau mudik harus dalam kondisi sehat dan sudah vaksin booster. Ini ikhtiar kita untuk mencegah penularan covid-19," sambungnya. 

Wamenag juga mengapresiasi seluruh pihak yang sudah mensukseskan program Mudik Sehat Kemenag. "Saya mengapresiasi seluruh pihak yang membantu terselenggaranya kegiatan mudik sehat ini," tuturnya. 

Mudik Sehat Kemenag menempuh rute perjalanan ke beberapa wilayah di pulau Jawa. Sebelum diberangkatkan, para pemudik juga dipantau kondisi kesehatannya dan dipastikan telah mendapat vaksin booster. 

"Semoga selamat sampai tujuan, lancar, aman, dan tentu tetap sehat. Salam untuk keluarga di kampung halaman," tutup Wamenag.