Sekjen: Pemda & Kemenag Perlu Sinergi Perkuat Moderasi Beragama di Sekolah

Blora (Kemenag) --- Sekjen Kemenag Nizar mengatakan bahwa dibutuhkan kerja sama antara Pemerintah Daerah dan Kementerian Agama dalam penguatan moderasi beragama di sekolah. 

Hal ini ditegaskan Nizar saat memberikan pembinaan ASN Kantor Kemenag Kabupaten Blora di Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora, Jumat (9/4/2021). Kegiatan yang mengangkat tema "Pengarusutamaan Moderasi Beragama" ini dilaksanakan secara terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan.

Nizar berharap Pemkab Blora dapat bekerja sama dengan Kemenag untuk memberikan penguatan moderasi beragama di sekolah. Kegiatan tersebut dapat dikemas misalnya dalam program ekstrakurikuler atau pembinaan.

“Ada 6 visi dan misi Kemenag yang harus kita kawal, yang salah satunya adalah memperkuat moderasi dan kerukunan umat beragama. Hal ini sangat relevan dengan visi misi Presiden RI. Saya berharap ASN dapat bergerak secara massif untuk mensupport dan mengimplementasikan moderasi beragama,” ucap Prof. Nizar.

"Ada empat indikator moderasi beragama yang harus terus dikampanyekan, yakni komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan serta akomodatif terhadap budaya lokal," tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Nizar juga memaparkan pesan Menteri Agama tentang tiga kunci Semangat Kemenag Baru. Yaitu, menjadikan agama sebagai inspirasi, mempererat persaudaraan antar umat beragama, dan memperbaiki manajemen tata kelola pemerintahan. (Nike Nurjannah)