Sekum Muhammadiyah: Keputusan Pemerintah Perpanjang PPKM Sudah Tepat

Jakarta (Kemenag) --- Keputusan pemerintah untuk memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat hingga 25 Juli 2021 didukung Muhammadiyah.

"Keputusan Pemerintah memperpanjang PPKM sudah tepat," terang Sekum Muhammadiyah Abdul Mu'ti di Jakarta, Rabu (21/7/2021). 

"PPKM yang diberlakukan selama tiga pekan belum cukup mengurangi penularan dan dampak kesehatan secara signifikan," sambungnya.

Mu'ti berharap kebijakan ini bisa disosialisasikan dan dikomunikasikan  secara lebih intensif dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat. Menurutnya, keberhasilan PPKM sangat ditentukan oleh kedisiplinan masyarakat dan konsistensi aparat.

"Pemberlakuan PPKM harus diberlakukan untuk semua pihak. Misalnya, terkait perjalanan dan kedatangan berbagai pihak dari luar negeri, terutama sinyalemen adanya TKA yang masuk dari negara tertentu," tuturnya.

"Diperlukan pendekatan yang humanis persuasif. Pendekatan yang prosedural dan kaku sudah harus diakhiri," sambungnya.

Selain itu, untuk establishment, Mu'ti meminta agar program bantuan sosial dari pemerintah segera disalurkan. Ini juga untuk menjamin masyarakat tetap terpenuhi kebutuhan pokok. 

"Vaksinasi juga perlu dilakukan akselerasi melalui kerjasama dengan berbagai pihak," tandasnya.