Serius dalam Penguatan Moderasi Beragama

Saya Jumat (30/4/2021) kemarin menerima Tim Pokja Moderasi Beragama (MB) Kementerian Agama. Mereka melaporkan progres kinerja yang telah dilakukan.

Tim Pokja Moderasi Beragama dipimpin oleh Sekjen Kemenag Prof Nizar. Hadir, konsultan Mbak Alissa Wahid, Staf Khusus Menag Bidang Kerukunan Umat Beragama Ishfah Abidal Aziz, Sekretaris Pokja Pak Imam Safei, Plt Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal Pak Mastuki, Kepala Biro Perencanaan Pak Ali Rokhmad, dan sejumlah anggota lainnya dari tim Pokja Moderasi Beragama.

Saya mendapat laporan bahwa sejak dibentuk, sejumlah terobosan sudah tim ini lakukan. Terobosan tersebut antara lain, membuat peta jalan (roadmap) penguatan moderasi beragama. Ini sudah selesai dan sedang saya kawal proses penerbitan regulasinya yang rencananya dalam bentuk Peraturan Presiden atau Perpres.

Kenapa Perpres? Sebab, peta jalan ini akan menjadi panduan tidak hanya oleh Kemenag, tapi K/L dan instansi terkait lainnya dalam penguatan Moderasi Beragama. 

Moderasi Beragama ini merupakan program mandatori dari Presiden Joko Widodo ketika saya diamanahi untuk menakhodai Kementerian Agama. Saya sangat serius dengan program Moderasi Beragama ini.