Nasional

Siswa MANPK MAN 2 Mataram Raih Beasiswa Kedutaan Mesir

Muhammad Faishal HR

Muhammad Faishal HR

Mataram (Kemenag) --- Muhammad Faishal HR, siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Mataran lulus seleksi dan mendapat beasiswa kuliah di Mesir-Kairo. Pengumuman kelulusan ini disampaikan melalui email oleh Kedutaan Mesir pada 28 Juli 2022.

“Saya rencana akan mengambil jurusan Syari’ah. Sebab, masyarakat selalu membutuhkan pemahaman Fiqh yang baik. Sehingga, dibutuhkan ahli yang menguasai bidang tersebut,” ujar Faishal di Mataram, Selasa (2/8/2022).

Kepala MAN 2 Mataram Lalu Syauki bersyukur atas prestasi yang diraih Faishal. “Alhamdulillah was-syukru lillah, bertambah lagi prestasi anak-anak hebat madrasah. Anak madrasah semakin mendunia. Selamat kepada ananda Faishal, semoga sukses, mendapat ilmu berkah, menjadi ahli Fiqh serta menjadi anak bangsa yang membanggakan. Semoga segera selesai studinya, kiprahmu dinanti ribuan jama’ah di Lombok”, tuturnya.

Selama di MAN 2 Mataram, putra kedua dari pasangan Bapak Dr. H. Habiburrahman, M.Pd. dan Ibu Hj. Sri Hidayati, S.Ag ini dikenal ramah, murah senyum, dan hormat kepada guru-gurunya. Dia piawai berbahasa Arab, bahasa Inggris, dan membaca Kitab Kuning.

Kemampuan berkomunikasi Bahasa Arab dan membaca Kitab Kuning diperoleh dengan belajar ke sejumlah tuan guru. Maklum, Faishal tumbuh di lingkungan pesantren yang dikelola kakeknya, TGH. Musleh Ibrahim. Sehingga, kemampuan Bahasa Arab dan membaca Kitab Kuning terasah sejak dini.

Faishal juga seorang penghafal Al-Qur’an atau hafiz. Selama di MANPK MAN 2 Mataram, ia rajin muraja’ah kepada ustaz-ustazahnya. Dia mengaku sejak kecil bercita-cita melanjutkan pendidikan ke Universitas Al-Azhar Kairo-Mesir.

Saat ini, ada 26 alumni MAN 2 Mataram yang sedang menuntut ilmu di Universitas tertua dunia ini. Selain lulus beasiswa dari pemerintah Mesir, Faishal juga lulus administrasi Beasiswa Mesir dari Pengurus Nahdlatul Ulama bersama tiga orang temannya, yakni Muhammad Fairuza, Fahmi Fadila, dan Aldila Intan Saroya. Sebelumnya, rekan Faishal atas nama Khairul Hamim juga berhasil meraih beasiswa ke Maroko dari Pemerintah Indonesia.

Terkait persiapan ke Mesir, Faishal mengaku telah menyiapkan mental. Dia juga sering bertanya kepada para senior. Selamat! (Siti Rahmi, Humas MAN 2 Mataram)


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Istimewa

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua