Madrasah

Tim Robotik MAN 1 Yogyakarta Sabet Tiga Juara World Robot Games

Yogyakarta (Kemenag) --- Kemampuan robotik siswa-siswi madrasah terus meningkat. Ini ditandai dengan torehan beragam prestasi, tidak hanya di tingkat nasional tapi juga internasional.

Tim robotik MAN 1 Yogyakarta misalnya, baru-baru ini menorehkan prestasi internasional dalam World Robot Games. Mereka bahkan meraih tiga penghargaan sekaligus.

World Robot Games 2021 mengambil tema New World After Covid. Event ini dilaksanakan secara online (online edition) dan diikuti para peserta dari delapan negara ASEAN. Seremonial award dilaksanakan berlangsung pada 21 April 2021.

Tim robotik MAN 1 Yogyakarta mendapat penghargaan pada dua kategori. Pertama, kategori Line Tracing Senior mendapat dua medali emas. Prestasi ini diraih Fathurrahman Kafi dan Muhammad Dhesta Zhafran Purnawan.

Kedua, kategori Innovative Senior. Tim MAN 1 Yogyakarta mendapatkan Performance Awardees. Prestasi ini diraih Ajeng Purwaniaratih P, Naufal Daffa Dahlana Hastoto, Muhammad Dhesta Zhafran Purnawan dan Fathurrahman Kafi.

“Dalam kategori innovative, kami membuat  Autonomous Sterilizer Robo. Robot didesign agar bisa melakukan pembersihan area atau ruangan kerja secara autonomous,  secara berkala dengan menggunakan Sinar UV dan dapat menyemprotkan cairan disinfektan. Kami berharap pengembangan robot ini akan menjamin ruangan kerja yang bersih dan higienis,” ujar Naufal Daffa Dahlana Hastoto di Yogyakarta, Sabtu (24/4/2021).

Terkait dengan desain Autonomous Sterilizer Robo, Daffa dan timnya menggunakan komponen utama Arduino Nano sebagai kendali robot, driver motor Stepper untuk menggerakkan motor Stepper, modul Relay 2 channel untuk menghidupkan motor pompa dan lampu UV, yang dilengkapi dengan rangkaian sensor garis untuk membantu robot dalam bermanuver, dan menggunakan baterai LiPo 12V.

Sementara itu, untuk mekanik penggerak robot, menggunakan motor Stepper. Roda robot dan sebagian besar body robot terbuat dari bahan akrilik dan 3D print. Mekanik yang digunakan untuk menyemprotkan cairan disinfektan menggunakan motor pompa yang dilengkapi tangki penampung air.

Untuk mengetahui detil robot innovative MAN 1 Yogyakarta, silahkan klik link youtube berikut ini: https://youtu.be/5KQvVFvVFsM. 

Sedangkan untuk melihat Award Ceremony, bisa diklik link ini https://www.facebook.com/worldrobotgames/. 

“Tujuan utama robot ini adalah untuk menjamin ruang kerja yang bersih dan hieginis, tanpa campur tangan manusia sehingga dapat mengurangi resiko penularan virus corona, yang berasal dari benda dan lingkungan sekitar,” pungkas Daffa. (HF)