Nasional

Tumpeng, Baca Yasin dan Doa Sambut Tahun Baru Hijriah di Lampung

*Bandar Lampung, 01/02 (Pikda) - Sejumlah kegiatan bernuansa agama Islam digelar oleh kaum muslimin dan muslimat di Kota Bandar Lampung, seperti pesta nasi tumpeng, pengajian, pembacaan Surat Yasin dan dilanjutkan do`a bersama menyambut datangnya Tahun Baru Hijriah 1427 H di Kota Bandar Lampung. Hasil penelusuran ANTARA Biro Bandar Lampung, Senin malam menunjukkan, di Masjid Al Hikmah, Penengahan Kota Bandar Lampung ribuan kaum muslimin dan muslimat sejak lepas sholat Magrib hingga tengah malam mengikuti acara tersebut.

Salah seorang jemaah peserta acara itu, Syamsi, menjelaskan, dalam rangka menyambut datangnya Tahun baru Hijriah itu panitia menggelar sejumlah kegiatan, mulai dari pengajian, pembacaan Yasin dan doa. Acara juga diisi dengan tradisi mengarak keliling kampung nasi tupeng lalu disambut dengan musik Islami (Rebana) yang diiringi musik band, kemudian disantap bersama-sama.

Kegiatan pengajian juga dilangsungkan di Masjid Latansa, Kelurahan Beringin Raya, Kecamatan Kemiling, Kota Bandar Lampung. Sementara para anggota Majslis Taklim, sejak beberapa hari sibuk dengan berbagai acara pengajian, dengan menghadirkan para penceramah. Suasana penyambutan tahun Baru Muharam tahun ini agak beda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena situasi dan kondisi serta kesibukan masing-masing. Sebagai contoh, di kompleks perumahan Karunia Indah, Kelurahan Sukabumi, Kecamatan Sukabumi, Kota Bandar Lampung, biasanya diisi dengan acara kumpul warga sambil menikmati ikan bakar menyambut pergantian tahun baru.

"Malam tadi di sini sepi-sepi saja mas, yang ramai hanya kegiatan pengajian di masjid," kata Agus, seorang warga Karunia Indah. Sementara di luiar Kota Bandar Lampung, berbagai keiatan menyanmbut 1 Hijriah, yang oleh banyak otrang dibuits ebagai "Malam satu Suro" itu juga diisi berbagai kegiagtanm, ada yang menggelar hibiran Wayang Kuliot selam suntuk.

Sementara kelompok pengajian di Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Tanggamus, pada tanggal 1 Hijriah ini mengadakan pengajian dan dilanjutkan dengan pelatihan mengurus dan menyolatkan jenazah khusus bagi kalangan ibu-ibu atau kaum wanita. "Selama ini kebanyakan yang mengurus jenazah kaum laki-laki, sekarang kita mendidik kaum wanita juga agar bisa mengurus jenazah," kata seorang panitia.

Begitu juga Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Provinsi Lampung, yang biasanya rutin menggelar acara penyambutan pergantian tahun baru Islam, pada beberapa hari terakhir hingga Selasa sibuk dengan persiapan meggelar Musyawarah Kerja Wilayan (Mukerwil) NU se-Sumatera pada Rabu dan Kamis. "Kami tadi malam kebetulan sedang konsentrasi pada persiapan Mukerwil dan Halaqoh Pak, karena para calon pesreta juga sudah banyak yang mendaftar," kata Edi Muslimin, seorang panitia di sekretariat PWNU Lampung. Cuaca Kota Bandar Lampung sendiri sepanjang Senin malam hingga Selasa pagi cukup cerah dan sesekali mendung.

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua