UIN KHAS Jember Rilis Buku Visi Kebangsaan Kiai Haji Achmad Siddiq

Jember (Kemenag) --- Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember merilis buku baru berjudul Visi Kebangsaan KH Achmad Siddiq dalam Paradigma Keilmuan UIN KHAS Jember. Buku ini diterbitkan oleh penerbit Bildung Yogyakarta bekerja sama dengan Rumah Moderasi Beragama UIN KHAS Jember. 

Buku tersebut diberi kata pengantar Ketua Umum PBNU Prof. Dr. Said Aqil Siroj. Sebagai editor, Direktur Rumah Moderasi Beragama UIN KHAS Jember, Wildani Hefni.

Peluncuran buku ini dihadiri oleh Wakil Bupati Jember Muhammad Balya Firjaun Barlaman, para pimpinan dan civitas akademika UIN KHAS Jember. 

Rektor UIN KHAS Jember Babun Suharto mengungkapkan bahwa buku tersebut merupakan refleksi bersama untuk menghadirkan kembali pemikiran-pemikiran agung dari Kiai Haji Achmad Siddiq, seorang tokoh bangsa asal Jember dan menjadi teladan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

“Dalam buku ini, dijelaskan tentang sejumlah argumentasi penting penggunaan nama Kiai Haji Achmad Siddiq sebagai nama kampus yaitu Universitas Islam Negeri (UIN) Kiai Haji Achmad Siddiq (KHAS) Jember. Buku ini sangat komprehensif mendedah pemikiran Kiai Haji Achmad Siddiq dan kaitannya dengan kelembagaan UIN KHAS Jember,” ungkap Babun Suharto, Senin (22/11/2021) di Jember.

Dikatakan Babun, visi dan pemikiran kebangsaan Kiai Haji Achmad Siddiq diharapkan dapat dilanjutkan oleh UIN KHAS Jember dalam membumikan nilai-nilai Islam moderat, komitmen kebangsaan, dan teladan keumatan untuk membawa tatanan kehidupan yang lebih baik di tengah keragaman kehidupan.

Babun berharap buku ini adalah penanda awal untuk segera lahir buku-buku berikutnya tentang Kiai Haji Achmad Siddiq, misalnya cara berkomunikasi Kiai Haji Achmad Siddiq terutama tentang penerimaan asas tunggal Pancasila pada Pelaksanaan Muktamar NU di Sukorejo, Situbondo. 

“Fakultas Dakwah bisa melanjutkan pengembangan ini, dengan mendalami gaya komunikasi Kiai Achmad Siddiq yang mampu meyakinkan semua pihak untuk menerima asas tunggal pancasila pada saat Muktamar NU,” harap Babun.

Wakil Bupati Jember M Balya Firjaun Barlaman yang hadir mewakili keluarga Kiai Haji Achmad Siddiq menyampaikan terima kasih atas dedikasi yang telah diberikan UIN KHAS Jember dengan menerbitkan buku tentang Visi Kebangsaan Kiai Haji Achmad Siddiq.

“Saya mewakili keluarga Kiai Haji Achmad Siddiq menyampaikan terima kasih. Semoga buku ini dapat menjadi amal baik bapak ibu Dosen UIN KHAS Jember,” kata Gus Firjaun.

Gus Firjaun berharap seluruh civitas academika UIN KHAS Jember, masyarakat Jember serta masyarakat luas dapat meneladani perjuangan kebangsaan, ruh pemikiran, pengalaman, pengetahuan dan kebijaksanaan dari Kiai Haji Achmad Siddiq.