Nasional

Umat Budha Pugar Vihara Dharmakirti Terbesar di Sumsel

Palembang, 16/02 (Pikda) - Umat budha berhasil melakukan pemugaran Vihara Dharmakirti yang merupakan sarana ibadah terbesar bagi ummat tersebut di Palembang, di bawah naungan Sangha Agung Indonesia Wilayah II (Bangka-Belitung, Bengkulu, Jambi dan Sumsel). Vihara Dharmakirti itu dibangun pada Juli 1962 dan telah mengalami empat kali perbaikan dan pemugaran yang terakhir selesai pada 15 Februari 2006, kata Ketua Umum Yayasan Budhakirti setempat, Darwis Hidayat usai peresmian pagoda Kwan Im dan purna pugar vihara di Palembang, Kamis.

Peresmian pagoda Avalokitesvara (Kwan Im) dan purna pugar vihara Dharmakirti tersebut dilakukan Gubernur Sumsel, Syahrial Oesman yang didampingi Ketua DPRD setempat, H.Zamzami Achmad. Menurut Darwis, untuk pembangunan pagoda Kwan Im dan pemugaran Vihara Dharmakirti serta patung yang ada di dalam vihara, menghabiskan dana sekitar Rp1,5 miliar berasal dari umat budha dan non budha.Pembangunan pagoda Kwan Im itu dilakukan sekitar Januari 2004 dan memang agak lama, karena aksesorisnya di datangkan dari Tibet dan Tiongkok.

Vihara Dharmakirti tersebut mampu menampung sekitar 600 jemaah pada hari minggu, tetapi kalau hari raya waisak jumlah jemaahnya mencapai 2.000 orang, katanya.Perkembangan umat Budha di Sumsel mengalami perubahan dengan jumlah penganut tercatat sebanyak 37.026 orang, serta jumlah vihara mencapai 35 unit, kata Gubernur Syahrial Oesman.

Hal ini berarti bahwa pembinaan dilakukan para tokoh umat budha secara umum cukup berhasil, apalagi bila dikaitkan dengan masalah kerukunan antara umat beragama hampir tidak mengalami benturan yang berarti, bahkan belum pernah terjadi, katanya.Menurut dia, adanya kerjasama yang erat dan hubungan harmonis diantara sesama umat budha, akan mempunyai arti penting dalam meningkatkan pengabdian kepada bangsa dan negara.

"Bangsa dan negara kita dewasa ini tengah menghadapi tantangan-tantangan berat dibidang sosial, ekonomi dan politik, sehingga melalui pengabdian yang tulus adalah sejalan dengan ajaran-ajaran agama budha," tambahnya.(Ant/myd)

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua