Sabtu, 24 Februari 2018

Menag Resmikan 15 Balai Nikah dan Manasik Haji di Mataram

  • khoiron
  • 24 November 2017, 10:48
Dibaca : 217 kali

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin kembali meresmikan gedung Balai Nikah dan Manasik Haji Kantor Urusan Agama (KUA). Kali ini, ada 15 gedung baru yang tersebar di beberapa Kecamatan di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti di Kanwil Kemenag NTB. Sebelumnya, sudah ada 839 Balai Nikah dan Manasik Haji KUA yang telah diresmikan. Menag berpesan agar sarana dan prasarana fisik yang dibangun, bisa dioptimalkan agar lebih bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

"Fisik itu sarana. Yang lebih utama bagaimana mengisinya, memanfaatkan gedung baru sehingga nilai manfaatnya bisa dioptimalkan dirasakan masyarakat sekitar," ujarnya di Mataram, Kamis (23/11).

Menurut Menag, setidaknya ada dua fungsi pokok gedung baru KUA yang harus dioptimalkan, yaitu: bimbingan manasik haji dan pendidikan pra nikah.

Menag juga menyaksikan hibah tanah dari Pemkab Lombok Utara kepada Kanwil Kemenag NTB. Akta Hibah tanah seluas 1.8 hektar itu diserahkan Sekda Lombok Utara kepada Kakanwil NTB disaksikan Menag Lukman Hakim Saifuddin.