Jum'at, 23 Februari 2018

Rektor UIN Palembang Apresiasi Semangat Mahasiswa Teguhkan Pancasila

  • Kamis, 12 Oktober 2017 18:54 WIB
Menag foto bersama Rektor UIN Raden Fatah, Kakanwil Kemenag Prov Sumsel, serta para dekan UIN Raden Fatah. (foto: didah)

Palembang (Kemenag) --- Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang menjadi tuan rumah Kongres ke-4 Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)/Dewan Mahasiswa (DEMA) Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI) se-Indonesia. Perhelatan yang berlangsung dari 9 – 13 Oktober 2017 ini mengangkat tema "Meneguhkan Pancasila sebagai Konsensus dalam Berbangsa dan Bernegara".

Rektor UIN Raden Fatah H.M Sirozi mengapresiasi  tema kongres yang mencerminkan semangat mahasiswa PTKAI dalam meneguhkan Pancasila. “Mereka ini luar biasa, temanya memantapkan Pancasila. Mereka masih muda tetapi memikirkan sesuatu yang sangat esensial, bagaimana menangkal radikalisme,” ujar H.M Sirozi, di Palembang, Rabu (11/10).

Sirozi bersyukur karena hampir seluruh narasumber yang merupakan tokoh-tokoh nasional dapat hadir dan memberikan keynote speaker di hadapan peserta kongres. Selain Menteri Agama, kongres tersebut juga menghadirkan  Kapolri Tito Karnavian, Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang, Gubernur Sumsel Alex Noerdin dan Tokoh Pemuda Agus Harimurti Yudhoyono.

“Kita beruntung sekali, karena anak-anak muda cenderung lebih mudah terpengaruh radikalisme, ekstrimisme. Dengan hadirnya tokoh-tokoh yang menjadi narasumber pada kongres ini menunjukkan bahwa lembaga pendidikan tinggi ini menduduki posisi yang penting,” tuturnya.

“Mereka memotivasi, bercerita mengenai pengalaman mereka dulu, memberikan pengarahan dan mengingatkan tentang bahaya yang mengancam Pancasila,” ujar Rektor.

Rektor UIN Raden Fatah juga bersyukur atas support  Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, Walikota Palembang dan Kanwil Kemenag Prov Sumatera Selatan. Mereka telah memberikan fasilitas seperti  penginapan di asrama haji serta transportasi berupa bis untuk para peserta  175 utusan perwakilan pengurus BEM/ DEMA PTAI negeri dan swasta se-Indonesia.

Sumber : -
Penulis : Didah
Editor : Khoiron
Dibaca : 408 kali