Minggu, 24 Juni 2018

Mewakili Presiden, Menag Buka Rakernas Akbar PGPI 2017

  • Selasa, 07 November 2017 18:55 WIB
Menag Lukman memberikan sambutan pada acara Rakernas PGPI (foto:Pujiyanto)

Jakarta (Kemenag) --- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mewakili Presiden RI Joko Widodo membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Persekutuan Gereja-gereja Pentakosta Indonesia (PGPI) di Jakarta. Rakernas ini digelar sekaligus memperingati 500 tahun Reformasi Gereja.

Mewakili Presiden RI Joko Widodo, Menag menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada seluruh umat Kristen atas sumbangsih dan kontribusinya dalam ikut memelihara kehidupan keagamaan di Indonesia.
Menag mencatat, tidak kurang 85 sinode tergabung dalam Pentakosta. Kiprah tiap sinode tentu ikut membantu negara dalam peningkatan kualitas kehidupan dan pendidikan keagamaan, serta menjaga kerukunan umat beragama.

Menurut Menag, Indonesia adalah bangsa yang beragam, dan tidak bisa lepas dari nilai-nilai agama. “Semua kita hidup dengan landasan nilai-nilai agama,” kata Menag di Jakarta, Selasa (07/11).

"Apapun agama yang dianut, kita semua terbiasa dengan nilai-nilai agama," tambahnya.

Dikatakan Menag, semua agama berbicara pada esensi yang sama, yaitu memanusiakan manusia dan mengangkat harkat martabat manusia. Agama Kristen misalnya,  mengajarkan bagaimana setiap umatnya mampu menebarkan kasih kepada sesama. Demikian juga Islam, yang berasal dari kata salam dan berarti damai, menebarkan kedamaian. Agama Hindu juga mengajarkan bahwa umat yang terbaik adalah yang mampu menebarkan Dharma. 

"Begitu juga dengan agama-agama lainnya, bagaimana hubungan kita semakin dekat dengan Tuhan, dan kehadiran kita semakin dirasakan lingkungan kita,” kata Menag.

“Selamat melakukan Rakernas dan sekaligus memperingati 500 tahun reformasi gereja. Ini perhelatan akbar,” lanjutnya.

Tampak hadir, Ketua Umum PGPI, seluruh pimpinan dan pengurus PGPI Provinsi/Kabupaten/Kota, perwakilan pengurus sinode, Dirjen Bimas Kristen, dan tamu undangan.

Sumber : -
Penulis : M Arif Efendi
Editor : Khoiron
Dibaca : 998 kali