Jum'at, 23 Februari 2018

ASN Kemenag Gelar Upacara Peringati Hari Pahlawan

  • Jum'at, 10 November 2017 12:15 WIB
Dirjen Bimas Islam Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan, Jumat (10/11). Foto : Sugito

Jakarta (Kemenag) --- Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Agama menggelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan. Upacara yang diselenggarakan di kantor Kementerian Agama Jalan Lapangan Banteng Barat 3-4 Jakarta, Jumat (10/11) ini dimulai tepat pukul 07.30 WIB.

Upacara dipimpin Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Muhammadiyah Amin. Di hadapan para Aparatur Sipil Negara (ASN), Dirjen Bimas Islam menyampaikan amanat Menteri Sosial agar setiap kita dapat mengambil pelajaran dari perjuangan para pahlawan.

"Api yang menjadi suasana kebatinan dan pelajaran moral bagi kita semua yakni, api yang membentuk terbangunnya persatuan Indonesia terdiri atas dua hal, yakni adanya harapan dan pengorbanan," ujar Dirjen Bimas Islam.

“Harapan dan pengorbanan itulah yang membentuk persatuan dan melahirkan Indonesia,” ujarnya.

Berbagai sejarah kepahlawanan, mengisahkan tentang menyala-nyalanya api "harapan" yang menjadi pemantik dari berbagai tindakan-tindakan heroik yang mengagumkan. Ia juga menyampaikan bahwa di dalam riwayat negeri kita, menorehkan banyak teladan tentang semangat untuk memberi dan semangat berkorban menjaga persatuan Indonesia.

“Semangat kebangsaan kita yang juga kita kenang hari ini di Hari Pahlawan adalah sebuah nasionalisme yang dilandasi oleh kemanusiaan universal bukan nasionalisme yang sempit,” tuturnya.

“Sebuah nasionalisme yang oleh Bung Karno diikrarkan sebagai My Nationalism is Humanity,” ujarnya di hadapan peserta upacara.

Di akhir amanat peringatan Hari Pahlawan yang mengusung tema "Perkokoh Persatuan Membangun Negeri", Dirjen mengajak peserta upacara untuk meneladani para pahlawan untuk terus berjuang, berkarya dan menjadi pahlawan bagi diri sendiri, lingkungan, masyarakat dan bagi negeri ini.

Sumber : -
Penulis : Didah
Editor : Khoiron
Dibaca : 614 kali