Senin, 16 Juli 2018

Itjen Kemenag Tuan Rumah Bimtek Telaah Sejawat Antar APIP

  • Senin, 16 April 2018 13:25 WIB

Jakarta (Kemenag) --- Itjen Kemenag menjadi tuan rumah Bimbingan Teknis Telaah Sejawat antar Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP). Tahun 2017, Itjen Kemenag mendapat predikat baik atas tata kelola dan kinerja dari penilaian tim Telaah Sejawat Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia (AAIPI).

“Kegiatan ini  adalah wujud kebersamaan dan untuk membenahi kinerja. Pirantinya, salah satunya dengan telaah sejawat,” sambut Irjen Kemenag M Nur Kholis Setiawan di Jakarta, Senin (16/04). 

“Kode etik dan standar audit tidak boleh berhenti dalam upaya peningkatan kompetensi. Standar audit pemerintah adalah sebuah norma yang sangat dinamis. Norma ini menjadi acuan tugas auditor dalam mengawal program dan anggaran,” lanjutnya.

Menurut Nur kholis, dalam pelaksanaan tugas kepengawasan, ada norma dan aktor. Aktor adalah auditor yang ketika beban kerjanya sangat banyak, membuat waktu berfikirnya berkurang untuk mengupdate norma yang dikembangkan AAIPI tentang Standar Audit Pemerintah. “Melalui Telaah sejawat ini menjadi sangat penting supaya norma ini bisa dijalankan secara konsisten dan profesional oleh auditor sehingga dalam melaksanakan tugas bisa betul-betul menjadi mitigator dan early warner (pencegahan),”  jelasnya.

“Entri point dari kegiatan ini adalah kita satu sama lain akan menilai dan dinilai oleh kita juga. Telaah ini menjadi intropeksi bersama terhadap kinerja yang lebih baik,”  tukasnya.

Irjen M. Nur Kholis setiawan mewakili pimpinan Itjen Kemenag, menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kehadiran Daryanto selaku Ketua Tim Telaah Sejawat yang juga menjabat sebagai Irjen Kemendikbud.

Ketua Panitia Abdul Karim  melaporkan bahwa Bimbingan Teknis Telaah Sejawat Antar APIP diikuti delegasi 10 Irtama dan Itjen. Karim berharap kegiatan ini dapat memberikan output dan tata kelola sesuai standar audit.

Berikut daftar lembaga yang hadir dalam Bimtek Telaah Sejawat:
1. Inspektorat Utama Bappenas
2. Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
3. Inspektorat Jenderal Kementerian Agama
4. Inspektorat Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)
5. Inspektorat Jenderal Kementerian Kesehatan

6. Inspektorat Jenderal Kementerian Agraria dan Tata Ruang
7. Inspektorat Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian
8. Inspektorat Kementerian Koperasi dan, Usaha Kecil dan Menengah
9. Inspektorat Provinsi Banten, dan
10. Inspektorat Provinsi Jawa Tengah

(Ubaidillah dan Nurul)

Sumber : Itjen Kemenag
Penulis : Kontri
Editor : Khoiron
Dibaca : 478 kali