Kamis, 18 Oktober 2018

Seleksi Beasiswa Santri Sumut Diikuti 80 Peserta

  • Selasa, 15 Mei 2018 09:25 WIB
Plt Kepala Kanwil Kemenag Sumut T Darmansah (dua dari kanan) meninjau kesiapan seleksi PBSB (Foto:Istimewa)

Medan (Kemenag)--Sebanyak 80 peserta mengikuti seleksi Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) Provinsi Sumatera Utara  bertempat di Taman Pendidikan Islam (TPI) Kota Medan, Senin (14/05) kemarin.  Seleksi Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) digelar Kemenag dari tanggal 14-17 Mei 2018 di 19 Provinsi dan diikuti oleh 4.644 santri.

Plt Kepala Kanwil Kemenag Sumut T.Darmansah mengatakan, peserta pada seleksi PBSB tahun ini berasal dai 9 kabupaten/kota terdiri dari 15 pondok pesantren dan 11 perguruan tinggi di Provinsi Sumatera Utara.

Didampingi Kasi Pondok Pesantren Kanwil Kemenag Sumut Ahmad Suhaimi, Darmasah menambahkan, sebelum pelaksanaan ujian seleksi, panitia telah melakukan verifikasi pondok pesantren dan peserta yang berhak mengikuti ujian seleksi melalui online.

Menurutnya, tes PBSB menggunakan Computer Based Test (CBT). Tes dibagi menjadi empat sesi; 1) tes bahasa Arab dan Inggris serta kepesantrenan selama 60 menit, 2) tes potensi akademik (70 menit), 3) tes kemampuan bidang studi (120 menit), materi MIPA mencakup matematika IPA, fisika, kimia, dan biologi, materi IPS mencakup matematika IPS, ekonomi, sosiologi, dan geografi, materi keagamaan mencakup fiqih, tafsir, hadits, aqidah akhlak, dan sejarah kebudayaan Islam, 4) tes tahfizh hanya bagi santri pendaftar pada UIN Malang (150 menit).

"Hasil seleksi akan diumumkan secara online pada 4 Juni 2018. Santri yang dinyatakan lulus harus segera melengkapi pemberkasan di Kanwil kemenag Sumut. Mereka selanjutnya akan mengikuti matrikulasi sesuai jadwal yang ditetapkan perguruan tinggi mitra," ungkapnya.

Darmansah mengatakan, para peserta yang mengikuti seleksi PBSB ini harus bersyukur karena dari sekian banyak peserta yang mendaftar, yang mengikuti tes hari ini merupakan yang terpilih.

"Selamat mengikuti ujian semoga berhasil, bagi yang belum berhasil bisa mencoba lagi tahun depan," pesannya.

 

Sumber : Inmas Sumut
Penulis : benny andriyos
Editor : dodo
Dibaca : 512 kali